Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Cepat, murah, dan enak. Siapa yang tak suka gorengan? Jenis hidangan ini memang jadi pilihan sejuta umat, terutama saat masa-masa irit. Hampir tidak ada gorengan yang mengecewakan saya. Rasa garing renyah selalu menggoda apalagi jika digoreng tepung, hmmm, juara!

Saya pun coba menggoreng sendiri agar lebih hemat dan praktis. Namun beberapa kali gorengan saya cepat gosong meski baru dimasukkan sebentar ke minyak panas. Di lain waktu, gorengan jadi sangat berminyak walau sudah ditiriskan dengan saringan. Alhasil, minyak membanjiri mulut ketika menggigit gorengan. Rasa penasaran membuat saya mencari tahu dan membawa pulang tips-tips berikut. Dijamin, gorengan anda jadi golden crispy!

1. Perhatikan penggunaan minyak goreng

Ada beberapa cara menggoreng dan semuanya tergantung dengan banyaknya minyak. Coba perhatikan masakan anda sebelum menggoreng, apakah butuh sedikit atau banyak minyak? Hal ini penting diperhitungkan agar minyak tidak terbuang sia-sia. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah berapa kali anda sudah menggunakan minyak tersebut. Lekas ganti minyak jika terlihat lebih kental, berwarna gelap, terlihat busa atau buih-buih kecil di sekitar minyak, membentuk asap putih ketika baru dipanaskan sebentar, serta memiliki bau yang berbeda.

2. Jaga suhu minyak saat proses penggorengan

Keadaan terbaik untuk memasukkan bahan gorengan adalah saat minyak sudah benar-benar panas. Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa mengecek suhu minyak antara 160-180°C dengan termometer masak. Cara lain? Perhatikan permukaan minyak, apabila muncul gelembung maka bisa dipastikan bahwa minyak mulai panas. Bila anda kurang yakin, bisa dites dengan mencelupkan satu bahan gorengan atau sedikit adonan tepungnya dulu. Ketika minyak sudah panas, anda bisa mengecilkan api dan mulai memasukkan bahan gorengan.

Oh ya, suhu di dalam wajan juga mempengaruhi hasil gorengan loh. Bayangkan anda dikejar waktu saat menggoreng ayam. Untuk menghemat waktu, anda memasukkan banyak potongan ayam ke dalam minyak dalam satu waktu. Ternyata hal ini dapat menurunkan suhu minyak, apalagi jika anda hanya menggunakan sedikit minyak. Akhirnya makanan akan matang lebih lama dan hasil gorengan akan berminyak dan basah.

3. Pakailah alat masak yang membantu

Hal ini menjadi yang terakhir kita perhatikan, padahal alat masak cukup berpengaruh terhadap hasil gorengan. Wajan besi merupakan salah satu rekomendasi terbaik. Meskipun berat dan butuh waktu lama untuk memanaskan, wajan besi mampu menghantar panas dengan baik dan tahan lama. Dan yang cukup penting bagi pemula, gunakanlah termometer masak untuk mengukur titik didih minyak dan jangan lupa saringan atau paper towel untuk meniriskan gorengan.

4. Fokuslah selama proses penggorengan

Seringkali kita melakukan kegiatan lain sambil menggoreng. Alasannya sederhana, karena menggoreng hanya memasukkan bahan gorengan ke dalam minyak dan tunggu hingga matang. Tapi tunggu sebentar, pernahkah anda perhatikan waktu-waktu untuk menggoreng di buku resep? Misalnya dikatakan dalam resep ikan goreng, “goreng ikan selama 3 menit saja”. Nah, hal ini sering kita abaikan. Ukuran-ukuran waktu tersebut sebenarnya membantu kita untuk menyajikan kualitas gorengan terbaik. Oleh karena itu ada baiknya, terutama bagi pemula, untuk tetap fokus selama proses menggoreng.

5. Jangan lempar bahan gorengan dari kejauhan!

Dulu saya sangat takut menggoreng ikan saking tidak maunya kecipratan minyak panas. Namun lambat laun saya paham bahwa ikan (atau bahan gorengan mengandung banyak air lainnya) akan bereaksi dalam minyak panas karena titik didih yang berbeda. Titik didih minyak lebih tinggi dari air, sehingga air dalam makanan terkesan ‘kaget’ saat bertemu minyak panas dan akhirnya menimbulkan percikan. Untuk mengakali hal ini, jangan memasukkan bahan gorengan dari atas wajan, tapi mulailah dari pinggiran wajan setelah anda mengecilkan api. Atau jika kurang yakin, anda bisa menggunakan bantuan spatula atau alat capit.

Tidak terlalu sulit untuk membuat gorengan yang pas, bukan? Gorengan memang makanan yang sangat nikmat tapi perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi gorengan secara berlebih bisa mengangkut banyak penyakit ke dalam tubuh anda dan menyebabkan kegemukan. Jadi coba atur konsumsi gorengan anda per hari, ya. Jangan sampai angka timbangan geser ke kanan secepat kilat!