(Image: Shutterstock)

Penulis: Rosalia

Ayo, siapa di sini yang termasuk penggemar makanan pedas? Saya pribadi adalah orang yang gemar sekali makan makanan pedas. Tanpa sambal atau cabai, rasanya makanan jadi hambar. Bahkan untuk jenis makanan atau sayuran yang sebenarnya tidak membutuhkan cabai, tetap saya tambahkan cabai atau bubuk cabai sebagai penambah rasa. Memang, kalau sudah ketagihan akan sangat sulit untuk melepaskan kebiasaannya.

Suatu waktu, saya pernah menggigit sekaligus dua cabai rawit di mulut saat makan secara tidak sengaja. Alhasil saya kepedasan luar biasa. Sensasi terbakar dari cabai ini tidak kunjung hilang meskipun saya sudah minum air putih sebanyak-banyaknya. Nah, untuk menghilangkan rasa pedas cabai, dari kandungan capsaicinoid-nya, dengan cepat ternyata bukan dengan minum air putih, lho. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

1. Susu Steril

Susu steril ini sangat berguna untuk kesehatan, loh. Selain dipercaya bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh, susu steril pun bisa menghilangkan rasa pedas di mulut dengan cepat. Lemak yang terdapat di dalam susu ini bisa menetralisir sensasi panas yang ada di mulut sehingga rasa pedas bisa hilang dengan cepat.

2. Yoghurt

Sama seperti susu steril, yoghurt pun punya kandungan lemak seperti susu yang bisa menghilangkan sensasi terbakar di mulut akibat makanan pedas.

3. Buah-buahan

Saat kepedasan, coba konsumsi buah-buahan yang manis dan segar seperti apel, anggur, jeruk, pir, dan lain-lain. Buah ini punya rasa segar yang bisa menetralisir rasa terbakar di mulutmu. Lebih baik lagi kalau buah ini dimakan saat dingin. Selain bisa dimakan langsung, anda juga bisa minum jusnya untuk meredakan pedasmu.

4. Jeruk Nipis

Nah, kalau sedang makan makanan pedas saya biasa menyediakan air jeruk nipis untuk berjaga-jaga. Rasa asam dari jeruk nipis ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jeruk lemon.

5. Air Gula

Capsaicinoid yang terdapat dalam cabai ini ternyata berbahan dasar minyak, lho. Makanya saat saya kepedasan dan minum air saja, sebanyak apapun tidak akan bisa menetralisir rasa pedas dalam mulut. Soalnya, minyak memang tidak bisa larut atau ‘tersapu’ dengan air, kan? Nah, anda bisa menggunakan air yang dicampur gula untuk mengatasi rasa pedas ini. Diamkan di mulut beberapa saat dan rasa pedas pun akan segera hilang.

6. Nasi

Nasi juga mengandung gula sehingga bisa menetralisir rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid dari cabai. Saat kepedasan, segera ambil nasi, kunyah perlahan, dan diamkan dalam mulut sampai rasa pedasnya hilang.

7. Selai Kacang

Saat rasa pedas melanda dan tak kunjung hilang, coba deh makan sesendok selai kacang. Selai ini juga bisa menetralisir rasa pedas di dalam mulut karena kandungan lemak/minyak dan gulanya yang tinggi.

8. Minyak Sayur

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan sensasi pedas di mulut adalah dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Minyak ini seolah-olah digunakan untuk ‘mencuci’ mulut sehingga rasa terbakar bisa hilang.

9. Air Hangat

Jika tak ada bahan-bahan di atas yang tersedia saat anda kepedasan, ambil saja air putih panas atau hangat lalu teguk perlahan. Walau ‘menyakitkan’ tapi dijamin pedas di mulut akan langsung reda dengan cara simpel ini.

Itulah tadi tips-tips yang bisa anda ikuti untuk menghilangkan rasa pedas di mulut dengan cepat. Semoga tidak kepedasan lagi dan bisa lanjut melahap makanan enaknya, ya!