(Image: Shutterstock)

Penulis: Rosalia

Telur selalu menjadi bahan utama yang ada di setiap resep kue. Tidak heran karena telur memang berperan penting, misalnya untuk mengembangkan adonan, menambah kelembapan kue atau sebagai pengemulsi. Masalahnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang punya campuran telur. Bisa karena alergi, bisa juga karena vegetarian.

Saya sendiri kadang mengganti bahan telur saat baking karena ingin menghindari bau amisnya. Walaupun sudah diberi pasta atau vanili, terkadang masih suka tercium bau amis telurnya. Nah, bagi anda yang ingin membuat kue tanpa telur, tak usah khawatir karena ada banyak bahan yang bisa dijadikan penggantinya. Apa saja?

1. Buah-Buahan

Jangan salah, buah-buahan juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti telur, lho. Misalnya buah pisang. Anda bisa menggunakan 75 gram pure pisang atau pisang yang dihaluskan sebagai pengganti satu butir telur. Tapi, pure pisang ini akan mengubah rasa kue jadi rasa pisang. Pastikan dulu ya kalau anda suka dengan kue yang didominasi rasa pisang. Pure pisang cocok untuk dicampur dengan adonan muffin, kue bolu, pancake, dan roti.

Anda juga bisa mengganti satu butir telur dengan 70 gram labu yang dihaluskan. Sama seperti pisang, labu ini akan mengubah rasa kue yang dipanggang. Jadi pastikan dulu anda suka rasa buah labu sebelum menggunakannya. Buah labu ini cocok dicampur dengan adonan muffin, kue bolu, pancake, dan roti.

Lalu, anda juga bisa mengganti satu butir telur dengan 70 gram pure apel atau apel yang dihaluskan. Berbeda dengan pisang dan labu, buah apel tidak sepenuhnya mengubah rasa kue yang dipanggang, apalagi jika dicampur dengan cokelat karena rasa cokelat akan lebih mendominasi dibanding rasa apelnya. Tapi, dengan pure apel ini tekstur kue akan jadi sangat padat. Kalau anda mau tekstur yang lebih ringan, cobalah memberi sedikit tambahan baking powder. Pure apel cocok dicampur dengan adonan kue basah, roti, dan brownies.

2. Biji-Bijian

Fungsi telur juga bisa digantikan dengan biji-bijian. Misalnya dengan biji chia. Biji chia atau biji flax merupakan bahan makanan yang mulai populer sejak berkembangnya pola makan sehat melalui teknik raw food atau makanan mentah. Biji chia ini bebas kandungan gluten dan merupakan sumber magnesium dan asam lemak omega-3.

Untuk mengganti telur dengan biji chia, anda harus membuat biji chia jadi super halus. Anda bisa menggunakan food processor atau blender untuk menghaluskannya. Satu butir telur setara dengan campuran 1 sendok makan biji chia halus dan 3 sendok makan air yang sudah dibiarkan mengental sampai seperti jelly. Supaya mengental, anda harus mendiamkan campuran biji chia dan air ini selama kurang lebih 30 menit.

Kemudian ada pula biji rami. Sama seperti biji chia, untuk mengganti satu butir telur, anda harus mencampur 1 sdm biji rami dengan 3 sdm air dan tunggu hingga mengental baru bisa digunakan. Nah, bedanya dengan biji chia, biji rami ini akan memberikan rasa khas kacang pada adonan kue. Jadi, selain dijadikan bahan pengganti telur, biji rami pun bisa digunakan untuk menjadi taburan kue.

3. Tahu Jepang atau Tofu

Tahu jepang atau tofu bisa digunakan sebagai bahan pengganti telur pada adonan brownies atau roti. Cukup sediakan ¼ bagian tofu atau 50 gram saja untuk mengganti satu butir telur. Dengan tofu, tekstur kue memang tidak akan ringan seperti telur, tapi kue akan jadi lembut dan agak kenyal. Tidak perlu khawatir akan rasa dan aromanya karena tofu tidak akan memberi pengaruh apapun.

Asalkan tofu yang anda gunakan bukan tofu udang atau tofu kepiting seperti yang banyak dijual di supermarket. Tofu ini bisa digunakan sebagai pengganti telur dalam resep kue, roti, atau quiche. Pastikan anda menghancurkan tahu sehalus mungkin supaya tidak ada gumpalan di dalam kue nantinya.

4. Baking Soda dan Cuka

Penggunaan telur dalam resep kue juga dimaksudkan sebagai bahan pengembang. Supaya kue bisa mengembang kokoh dan sempurna, misalnya seperti dalam pembuatan kue bolu atau roti. Nah, bahan pengembang ini bisa anda ganti dengan campuran 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan cuka. Baking soda yang dicampur bahan asam seperti cuka akan melepas karbondioksida sehingga membuat kue mengembang sempurna.

Itulah tadi bahan-bahan yang bisa anda gunakan untuk mengganti telur saat proses baking. Pastikan bahan-bahan ini sesuai takaran ya supaya hasil kue bisa tetap sempurna walaupun tidak menggunakan telur. Selamat mencoba!