(Image: Shutterstock)

Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Ketika berada di pasar, salah satu jajanan yang selalu saya beli adalah susu kacang kedelai. Berbeda dengan susu sapi, susu yang sering disingkat sebagai ‘sule’ ini tidak membuat saya ‘begah’ sehabis meminumnya. Ditambah lagi, harganya juga pas di kantong. Sehingga tak jarang saya membelinya dalam jumlah banyak, sekaligus untuk semua anggota keluarga di rumah.

Namun setelah dipikir-pikir lagi, membuat susu kacang kedelai itu tidak sulit sama sekali. Akan lebih baik jika anda mencoba membuatnya sendiri. Selain menghasilkan lebih banyak, anda juga bisa mengkreasikan ‘sule’ kesukaan sesuai selera. Anda bisa menyimak beberapa langkah berikut ini untuk membuat susu kacang kedelai yang enak dan menyehatkan.

1. Rendam kacang kedelai minimal semalaman

Membuat susu kacang kedelai memang bukan proses yang instan. Anda perlu merendam kacang kedelai minimal semalaman. Langkah ini bertujuan untuk membuat kacang kedelai mekar serta melunakkan teksturnya sehingga lebih mudah diolah.

2. Kupas kulit kedelai hingga bersih

Seringkali, orang malas membuat susu kacang kedelai karena bau tidak sedap pada susu alias langu. Jika termasuk salah satunya, maka anda harus memperhatikan proses pengupasan kacang kedelai setelah direndam. Untuk mengupas kulit kacang kedelai, anda perlu menggosok-gosok kacang kedelai dengan kedua permukaan telapak tangan. Pastikan anda benar-benar memisahkan kacang kedelai dengan kulit arinya hingga bersih. Proses ini memang membutuhkan kesabaran.

Tapi, kelelahan anda akan terbayar ketika menikmati susu kacang kedelai lezat buatan sendiri. Untuk meringankan pekerjaan, anda juga bisa mencoba menggilas kacang kedelai pada ayakan bambu, seperti gerakan ketika mencuci baju dengan menggunakan papan penggilasan.

3. Rebus kacang kedelai

Selain proses pengupasan kulit, bau langu juga bisa diminimalisir dengan merebus kacang kedelai ini, lho.

4. Blender kacang kedelai

Setelah direbus, kacang kedelai kemudian diblender. Untuk mendapatkan tekstur kacang kedelai yang lebih lumat, kacang kedelai sebaiknya diblender secara bertahap. Pastikan anda menggunakan air matang untuk memblender kacang kedelai ini.

5. Gunakan kain bersih untuk menyaring susu kacang kedelai

Ketika kacang kedelai sudah diblender, anda perlu menyaringnya beberapa kali menggunakan kain agar sari kacang kedelai benar-benar bebas ampas. Agar memudahkan penyaringan, gunakan kain bersih yang tipis dan halus. Jika tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan kain serbet yang bersih.

6. Rebus susu kacang kedelai

Setelah disaring, susu kacang kedelai kemudian direbus dengan api yang kecil agar susu tidak pecah. Selama direbus, anda harus selalu mengaduknya sehingga suhu susu merata. Matikan kompor jika sudah muncul letupan pertama pada rebusan. Jika rebusan baru dimatikan ketika mendidih, susu akan tampak bergerindil ataupun pecah.

Tambahkan pandan dan gula ataupun madu sehingga susu terasa manis dan beraroma nikmat. Jika ingin lebih sehat, anda bisa menambahkan jahe pada rebusan susu kacang kedelai. Untuk memperkaya cita rasa, anda pun juga bisa menambahkan pasta coklat ataupun jus strawberry.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika membuat susu kacang kedelai. Proses pembuatannya tidak sulit, bukan? Selain bisa jadi variasi minuman sehat di rumah, susu kacang kedelai juga cocok untuk anda yang vegetarian ataupun alergi protein hewani