(Image: Shutterstock)

Penulis: Intan.L

Siapa yang tak mengenal telur? Makanan yang satu ini sangat dikenal karena kepraktisannya untuk teman makan nasi, apalagi disaat-saat mendesak misalnya sarapan pagi. telur jugalah yang sering membantu kita, termasuk saya tentunya, ketika perut sudah membuat panggilan mendesak untuk segera diisi, padahal belum ada lauk atau masakan apapun di meja makan. Salah satu jalan termudah, sudah pasti tinggal goreng telur ceplok, campur nasi dan kecap, jadi deh lapar tersiasati dengan cepat.

Tapi saking mudahnya, pasti banyak diantara kita yang belum mengetahui benar bagaimana cara membuat telok ceplok atau telur mata sapi yang matang dengan tampilan sempurna, seperti yang sering kita lihat di iklan televisi atau sajian di hotel. Berikut ada beberapa tips yang berhasil saya pelajari tentang cara membuat telur ceplok sempurna, mau tahu?

1. Siapkan wajan datar anti lengket

Biasa juga kita sebut teflon. Alat masak teflon ini memiliki bahan lapisan halus dan anti menempel, sehingga tekstur telur yang dimasak di teflon akan lebih bagus dibandingkan di wajan. Kalaupun menggunakan wajan, pastikan wajan yang dipakai adalah wajan khusus menggoreng, karena wajan bekas yang digunakan untuk menumis bumbu dan memasak, biasanya akan membuat bahan makanan menempel jika digunakan untuk menggoreng kembali.

2. Gunakan minyak zaitun

Sebenarnya untuk menggoreng telur ceplok, anda dapat menggunakan minyak biasa atau mentega jika ingin rasa yang lebih gurih, tanpa harus menambahkan garam lagi. Tetapi dengan minyak zaitun, telur yang digoreng akan terlihat lebih bersih dan lebih sehat tentunya.

3. Goreng telur

Masukkan telur ke dalam teflon yang sudah diberi 1-2 sdm minyak zaitun, sebelum teflon dipanaskan. Karena jika minyak zaitun dipanaskan terlebih dahulu, maka  kandungan nutrisinya akan berkurang.

4. Tutup teflon

Masak telur dan gunakan api yang tak terlalu besar. Pasang tutup teflon dan biarkan beberapa menit. Menutup teflon ini bertujuan agar kuning telur bisa matang, tanpa harus membaliknya, yang kadang akan merusak keindahan si kuning telur.

5. Angkat telur

Angkat telur sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan, apakah kuning telur setengah matang atau matang dengan sempurna.

6. Opsi lainnya

Tentu saja anda selalu bisa memasak telur ceplok sempurna, dengan menggunakan wajan dan minyak goreng biasa. Beri minyak agak sedikit banyak di wajan, panaskan tetapi jangan sampai berasap, masukan telur, siram-siram bagian atas telur dengan minyak sehingga telur tidak perlu dibalik, angkat, dan sajikan.

Mau dimakan bersama nasi hangat, nasi goreng atau roti tawar, telur ceplok selalu menjadi teman makan yang sempurna. Selain praktis membuatnya, mudah membelinya, dan murah harganya, telur ini juga merupakan sumber protein yang baik. Mantap!