(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira | Editor: Ria

Saat musim durian tiba, pasar hingga trotoar jalanan akan dipenuhi oleh pedagang-pedagang yang menjajakan buah berduri ini. Durian atau biasa disebut juga king of fruit ini, meskipun memiliki penampilan yang berduri dengan bau yang sangat menyengat, namun juga memiliki rasa khas manis dan legit yang membuat banyak orang ketagihan. Tapi, terkadang buah durian yang kita beli di pinggir jalan justru rasanya tidak manis, hanya penampilannya saja yang mengecoh. Anda ternyata perlu usaha ekstra untuk mendapatkan durian yang manis, enak, dan banyak isinya. Mau tahu apa saja tips yang benar dalam memilih durian yang baik? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan melihat durian dari fisiknya

Mirip dengan petuah orang tua, tapi tips yang satu ini memang berguna buat anda. Durian memang memiliki warna yang beragam, dari kuning, hijau, bahkan sampai kecoklatan. Jangan mudah tertipu dengan warnanya. Warna hijau pada durian belum tentu menandakan kalau durian belum matang, sama seperti durian berwarna kuning yang tidak selalu menujukkan durian yang sudah matang.

2. Pilih durian yang bulat

Anda perlu tahu, ternyata kalau dilihat dari dekat tidak semua durian berbentuk bulat penuh, ada yang berbentuk sedikit lonjong bahkan ada yang berbentuk seperti bunga. Pilihlah durian yang berbentuk bulat penuh, yang menandakan kalau durian itu memiliki daging buah yang banyak, sedangkan durian yang sedikit lonjong cenderung memiliki daging buah yang lebih sedikit.

3. Pilih durian yang bertangkai pendek

Tangkai durian bisa menentukan tebal dan tipisnya daging buah durian. Buah durian yang memiliki tangkai yang panjang dan kecil menunjukkan kalau si durian memiliki daging buah yang tipis dan sedikit. Lebih baik anda membeli buah durian dengan tangkai yang tebal dan pendek karena durian yang satu ini biasanya memiliki daging buah yang tebal dan banyak.

4. Ketuk-ketuk durian dan dengar bunyinya

Untuk tips yang ini, anda bisa meminta bantuan ke penjualnya untuk mengetuk-ngetuk buah durian dengan pisau. Coba anda dengarkan suara yang dihasilkan dari durian yang diketuk-ketuk. Jika bunyinya nyaring, tandanya si king of fruit ini belum matang dan belum siap dikonsumsi. Tapi kalau anda dengar bunyi yang teredam, itu artinya durian sudah matang dan siap makan.

5. Pilih durian dengan duri yang pendek

Kalau sebelumnya anda sudah melihat durian dari tangkainya, anda juga bisa memilih durian yang baik dengan melihat ciri khas luarnya, yaitu duri. Pilihlah durian yang berduri pendek dan tidak terlalu rapat. Duri yang pendek dan jarang biasanya memiliki daging yang manis dan banyak.

6. Perhatikan aroma durian

Nah, yang satu ini juga ciri khas dari durian, yaitu aromanya yang menyengat namun membuat anda menelan ludah. Sambil mengecek bentuk fisik dari durian, anda juga bisa memilih durian yang baik melalui aromanya. Buah durian yang matang dengan rasa yang manis pasti memiliki aroma sangat harum meskipun kulitnya masih tertutup rapat.

7. Hindari durian dengan kulit yang sudah terbuka

Banyak sekali konsumen durian membeli buah ini dengan kulit yang sudah terbuka karena tergiur dengan aromanya yang sudah jelas tercium. Padahal, kalau dipikir lebih lanjut, durian dengan kulit yang sudah terbuka pasti dagingnya akan terpapar udara luar yang membuat daging buah menjadi kering dan kotor akibat debu. Apalagi jika membelinya di pinggir jalan, raya dengan banyak kendaraan berlalu lalang. Jadi sebaiknya pilihlah durian dengan kulit yang masih tertutup rapat.

Itu dia tips-tips yang bisa anda gunakan dalam memilih buah durian. Untuk para penggemar durian, jadilah konsumen yang bisa memilih durian yang baik, ya. Pasti tak ingin dong membeli buah durian dengan daging buah yang tipis dan hambar? Jadi, catat baik-baik dan selamat berbelanja durian yang manis, ya!