(Image: Shutterstock)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Buat anda yang bosan makan ayam, bebek juga bisa menjadi pilihan. Rasanya yang lebih gurih dari ayam membuat bebek juga menjadi salah satu makanan favorit. Dulu saya sempat coba memasak bebek goreng dengan teknik memasak ayam goreng biasa. Ternyata daging bebeknya masih keras dan tercium bau amis khas bebek. Memasak bebek ternyata tidak bisa disamakan dengan ayam.

Tekstur daging bebek yang lebih padat membuatnya tidak bisa dimasak hanya dengan mengungkep sebentar. Jika salah mengolahnya, daging bebek malah keras atau alot dan berbau amis. Padahal kalau beli di restoran bebek, dagingnya bisa lembut, gurih dan bebas amis. Ingin mengolah daging bebek seperti itu? Yuk, ikuti tahapan dibawah ini.

1. Pilih bebek segar

Untuk memasak bebek, pilihlah bebek yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua agar dagingnya tidak keras. Daging bebek segar memiliki kulit berwarna putih, kakinya lunak masih bisa ditekuk dan tidak amis. Pilihlah bebek yang dadanya gemuk. Buang kulit dan tunggir atau pantat bebek yang mengandung banyak minyak yang menimbulkan bau amis. Gosok bersih permukaan kulit dengan garam kasar hingga kulit arinya yang berwarna kekuningan terlepas.

2. Cuci bersih dan rendam

Setelah dibeli, cuci bersih daging bebek dan buang semua bulunya. Bakar daging bebek di atas api kecil untuk menghilangkan sisa bulunya. Setelah itu, lumuri bebek dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas agar empuk. Diamkan beberapa saat. Setelah itu cuci bebek lalu rendam di dalam air cuka atau jeruk nipis dan garam agar tidak amis. Rendam agak lama sekitar 1 jam. Lalu cuci kembali daging bebeknya.

3. Rebus daging bebek

Setelah daging bebek dicuci bersih dan direndam, siapkan bahan-bahan untuk merebusnya. Bahan-bahannya terdiri dari kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, bawang putih dan bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan daun jeruk, sereh, dan daun salam untuk bahan rebusannya. Bumbu yang lebih banyak tentu akan membuat daging bebek lebih gurih dan tidak amis.

Anda juga bisa menambahkan nanas dan memasukkan sendok ke dalam air rebusannya. Lho, kok sendok? Sendok disini berfungsi agar gelembung air mendidih yang akan muncul saat merebus adalah gelembung kecil, yang akan menyebabkan kontak antara air dan daging bebek bisa lebih baik.

Gunakan tutup panci dan rebus di atas api kecil hingga 3-5 jam agar daging bebek lunak dan tidak amis. Balikkan bebek setiap 1 jam agar bumbunya meresap sempurna. Tambahkan lagi air jika airnya sudah surut.

Kalau ingin merebusnya tanpa waktu lama, anda bisa menggunakan panci presto atau pressure cooker. Tapi warna dan bumbu yang meresap pada daging bebek tidak akan secantik dan seenak daging yang direbus dengan panci biasa dalam waktu yang lama.

Selain memasukkan sendok, melumuri dengan daun pepaya, dan menggunakan panci presto, anda bisa menggunakan pengempuk daging untuk mengempukannya. Setelah bebek matang dan empuk, anda bisa lanjut mengolahnya menjadi berbagai masakan seperti rica bebek, bebek bakar, oseng bebek, dan sup bebek. Tidak sabar ingin menikmati bebek yang super gurih ini, kan? Selamat menikmati!