(Image: Istock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain warna dan modelnya yang beragam, peralatan makan berbahan dasar keramik juga sering dijadikan koleksi oleh sebagian orang, termasuk saya. Di rumah, saya punya satu lemari khusus untuk menyimpan berbagai peralatan makan berbahan dasar keramik, dengan ukiran maupun motif-motif cantik. Mulai dari piring, mangkuk, cangkir, dan teko.

Saya rasa, tak hanya saya saja yang kerap kali mengalami kebingungan dalam merawat peralatan makan berbahan dasar keramik tersebut. Seringkali kita mendapati retakan atau goresan pada piring dan mangkok, juga noda kecokelatan pada gelas yang mengurangi keindahannya. Terlebih, bahan keramik itu lebih rapuh, mudah retak, bahkan pecah sehingga membuat kita harus ekstra hati-hati dalam membersihkannya.

Nah, berikut saya punya tips yang bisa membantu anda dalam merawat peralatan makan keramik anda. Yuk, disimak!

1. Cuci langsung peralatan makan setelah dipakai

Agar awet dan tahan lama, peralatan makan berbahan dasar keramik yang sudah dipakai, sebaiknya langsung dicuci dengan air hangat dan sabun. Jangan membiarkan kotoran menumpuk pada peralatan makan keramik anda. Terlebih pada cangkir, noda teh atau kopi pada cangkir bisa menempel dan membuat warnanya menjadi tidak cantik lagi.

2. Gunakan soda kue atau air campuran cuka dan garam

Jika telanjur ada noda bandel yang menempel, anda bisa membersihkannya dengan cara menaburkan bubuk soda kue pada spons cuci piring, lalu gosokkan secara perlahan sampai noda benar-benar hilang. Jika tidak berhasil, anda bisa mencoba merendam peralatan makan terlebih dulu dengan menggunakan air campuran cuka dan garam selama setengah jam. Setelah itu, gosok peralatan makan tersebut dengan spons dan air sabun secara perlahan.

3. Keringkan peralatan makan setelah dicuci

Sebaiknya, peralatan makan yang sudah dicuci langsung dikeringkan dengan lap bersih. Jika anda mengeringkannya dengan cara meniriskan hingga airnya surut sendiri, ada kemungkinan air pun bisa meninggalkan noda di keramik. Apalagi bila air di rumah anda cenderung berwarna kuning atau tidak jernih.

4. Hindari menumpuk peralatan makan

Menumpuk peralatan makan berbahan dasar keramik hanya akan menimbulkan retakan-retakan halus pada permukaannya, bahkan bisa pecah. Jika sudah begitu, selain mengurangi keindahannya, peralatan makan keramik anda jadi berbahaya untuk digunakan, karena berpotensi menimbulkan luka.

Sebaiknya anda menyimpan peralatan makan keramik dengan cara menyusunnya di rak. Selain untuk menghindari terjadinya gesekan yang menimbulkan retak, juga anda akan lebih mudah mengambilnya ketika dibutuhkan. Kalaupun harus menumpuknya di lemari, usahakan untuk mengalasi setiap permukaan perabot dengan kertas tebal, untuk menghindari gesekan yang mungkin terjadi.

5. Simpan peralatan keramik sesuai warna, ukuran, dan jenis

Bagi anda yang hobi mengoleksi peralatan makan keramik seperti saya, ada baiknya menyimpan peralatan tersebut sesuai dengan warna, ukuran, dan jenisnya. Misalnya untuk cangkir, simpan bersama sesama cangkir. Mangkuk bersama mangkuk. Piring bersama piring. Lalu golongkan lagi sesuai warna dan bentuknya. Selain akan membuat peralatan keramik tersebut lebih awet dan mudah dicari, juga akan membuat rak peralatan anda lebih rapi dan indah dipandang.

Nah, ternyata mudah bukan cara merawat peralatan berbahan dasar keramik? Jika tahu cara memperlakukannya dengan baik dan benar, dijamin deh peralatan keramik anda akan lebih awet dan indah meski sudah berusia lama.