(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L

Salah satu alternatif paling mudah, cepat, dan sering saya pilih untuk menyelamatkan nasi putih sisa adalah dengan mengolahnya menjadi nasi goreng. Mulai dari nasi goreng kecap biasa, sampai nasi goreng seafood. Pokoknya sebisa mungkin jangan sampai ada nasi yang terbuang, deh. Tapi lama-lama saya bosan juga dengan menu nasi goreng. Setelah mencari tahu lagi, ternyata ada banyak pilihan menu lezat yang memanfaatkan nasi sisa. Berikut adalah beberapa pilihannya.

1. Arancini (Bola-bola nasi)

Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan menu yang satu ini. Arancini adalah camilan khas dari negara Italia. Selain nikmat, cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya tinggal membuat bola-bola nasi yang diisi dengan daging atau sayuran. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan pada tepung panir. Lalu goreng sampai matang.

2. Bubur

Jika anda bosan makan nasi, mungkin anda bisa mencoba membuat bubur dari nasi sisa. Anda hanya perlu memasukkan nasi sisa tersebut ke dalam panci dengan menambahkan air kaldu atau santan. Masak sampai nasi tersebut berubah menjadi bubur. Hidangkan dengan topping sesuai selera, seperti abon, kecap, dan kerupuk.

3. Kerupuk

Salah satu alternatif mengolah nasi sisa adalah dengan membuatnya menjadi kerupuk. Anda bisa merendam nasi sisa dengan air panas selama kurang lebih lima menit, lalu meniriskannya. Haluskan bawang putih dan garam, lalu campurkan dengan nasi tadi. Ulek sampai halus, tambahkan tepung aci, dan aduk sampai kalis. Setelah itu, anda bisa membentuknya menjadi bentuk lonjong besar, lalu kukus. Setelah matang, iris tipis adonan tadi dan jemur sampai kering. Untuk jadi kerupuk, anda hanya tinggal menggorengnya saja sampai garing dan berwarna kecoklatan.

4. Burger

Nasi sisa yang anda punya ternyata juga bisa diolah menjadi pengganti roti burger, lho! Bentuklah nasi sisa anda menjadi bentuk bulat, lalu pipihkan. Setelah itu, anda bisa mengolesnya dengan mentega dan panggang sebentar. Anda bisa mengisi burger nasi tersebut dengan smoked beef, telur mata sapi, tomat, keju slice atau bahan lain sesuai selera.

5. Puding

Siapa bilang nasi sisa hanya bisa diolah menjadi kudapan asin? Jika anda termasuk penyuka makanan manis, makan anda juga bisa mengolah nasi sisa di rumah menjadi rice pudding. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rice pudding sangat sederhana. Anda hanya perlu menambahkan susu, telur, dan gula pada nasi. Setelah itu, masak hingga mendidih dan mengental. Lalu masukkan adonan dalam cetakan puding dan siap disajikan ketika dingin.

Olahan-olahan di atas sangat menggoda, kan? Sekarang, anda tak harus melulu mengolah nasi sisa menjadi nasi goreng. Karena ternyata ada banyak makanan lain yang tak kalah lezatnya. Berani mencoba?