(Image: Shutterstock)

Penulis: Rosalia

Kalau jalan-jalan ke mall biasanya saya paling senang mampir ke bakery. Selain mau beli karena memang rutin mengonsumsinya, suasana bakery itu sangat menyenangkan untuk saya. Kenapa? Karena biasanya bakery menggunakan lampu kuning yang cerah sehingga memberi kesan romantis dan membuat saya bersemangat untuk memilih rotinya. Ditambah lagi aroma semerbak roti yang baru saja dipanggang. Hm, favorit saya!

Nah, pengalaman pribadi saya nih kalau beli roti, terkadang 2-3 hari sudah berjamur. Padahal, masih belum melewati tanggal kadaluarsa yang tertera. Karena penasaran, akhirnya saya coba cari tahu kenapa roti itu cepat jamuran dan keras. Ternyata karena saya sering menaruhnya di suhu ruang dan hanya diletakkan begitu saja dalam kantong plastik bawaannya. Saya juga jarang mengikat kantong plastiknya kembali karena saya pikir hendak segera dimakan.

Terus, kalau mau dimakan dalam jangka waktu lebih lama, gimana dong caranya? Tenang, berikut ini saya akan bagikan hasil ‘investigasi’ tentang bagaimana menyimpan roti agar tetap lembut dan tahan lama. Yuk, cari tahu.

1. Jangan Buru-Buru Dibuka

Jika kamu membeli roti yang dibungkus dalam kemasan, jangan segera dibuka kalau memang belum mau dikonsumsi. Kemasan yang membungkus roti ini justru berfungsi untuk membuat roti tetap lembut dan tahan lama. Dengan bungkusan ini, roti akan terjaga kelembapan dan kesegarannya. Tapi, kalau roti sudah dimakan dan masih sisa, kamu bisa membungkus roti tersebut dalam kemasannya lagi dan diikat. Pastikan jangan ada udara yang masuk ke dalam bungkus tersebut karena dengan adanya udara, roti akan jadi cepat keras.

2. Simpan dalam Wadah Tertutup

Nah, kalau mau roti cepat dimakan seperti saya, caranya bukan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dibiarkan begitu saja, seperti yang saya lakukan di atas. Ambil roti dari kemasan plastik atau kertasnya, lalu simpan di wadah tertutup dan rapat. Dengan begitu, roti akan tetap lembut karena tidak ada udara yang memengaruhi roti tersebut saat disimpan dalam wadah yang rapat.

3. Beli Kotak Roti

Kalian tahu kan ladies, ada kotak roti yang bentuknya persegi, lalu tutupnya bisa digeser ke atas? Biasanya saya menemui kotak roti ini kalau lagi sarapan di hotel-hotel. Nah, kotak roti ini juga bisa digunakan untuk menyimpan roti supaya roti tetap empuk. Bahkan, ada juga kotak roti yang punya pengaturan tanggal, supaya kita tidak lupa kapan tanggal kadaluarsa roti tersebut.

4. Simpan di Dalam Kulkas

Ini beneran lho, kita bisa menyimpan roti dalam kulkas kalau mau rotinya tahan lebih lama dan tetap empuk. Kalau mau dimakan 4-7 hari ke depan, roti bisa dibungkus dengan plastik kedap udara, alumunium foil, atau dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Lalu simpan di kulkas bagian bawah. Nah, kalau mau roti bertahan sampai satu bulan, kamu bisa menyimpan rotinya di kulkas bagian atas atau freezer.

Sebelum disimpan di freezer pastikan roti sudah disimpan dalam wadah tertutup ya. Saat mau mengonsumsinya, roti bisa dikeluarkan dalam suhu ruang dan didiamkan selama satu jam. Kalau mau cepat, roti bisa langsung dipanaskan dalam microwave atau toaster untuk mengembalikan kerenyahannya. Tapi jangan lebih dari 5 menit ya karena nanti roti malah akan rusak.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan supaya roti tetap awet dan empuk. Kalau membeli roti, apapun jenisnya, seperti roti tawar, roti isi, atau roti sobek, pastikan kamu selalu mengecek tanggal kadaluarsanya, ya. Jangan sampai membeli roti yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya. Selamat berburu roti!