Penulis: Rosalia | Editor: Ria

Kalau ngomongin sayuran di Indonesia, ada banyak banget ragamnya. Mulai dari yang rasanya manis, gurih, sampai pahit pun ada. Tapi jangan salah, walaupun pahit, sayuran ini tetap banyak khasiat dan peminatnya lho. Salah satu sayuran pahit yang paling populer adalah pare dan daun pepaya.

Pare adalah sayuran hijau bergerigi yang biasa dijumpai saat kita makan siomay. Tahu tidak sih kalau tanaman sayur ini berasal dari India, yang biasa disebut juga dengan nama paria? Selain paria, pare juga punya banyak sebutan. Kalau di Nusa Tenggara, pare disebut dengan nama paya, truwuk, atau pepule. Sedangkan di Sulawesi, pare disebut dengan nama poya, pudu, atau parlia.

Sementara daun pepaya adalah salah satu jenis sayuran yang punya kandungan gizi tinggi dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Biasanya daun pepaya dimakan kalau mau mengatasi diare. Khasiatnya mirip seperti daun jambu biji. Dulu sewaktu kecil, kalau saya diare pasti disuruh makan daun pepaya sama Nenek, karena katanya bisa bikin sembuh. Rasanya sih, ya pahit banget.

Nah, karena dulu saya belum begitu mengerti dunia masak-masakan, sekarang ini saya cari tahu, ternyata pare dan daun pepaya ini bisa dikurangi lho kadar rasa pahitnya. Yup, kalian tidak perlu khawatir lagi karena dengan cara-cara di bawah ini, makan pare dan daun pepaya tidak harus buru-buru ditelan.

Menghilangkan Pahit dari Pare

1. Remas bersama Garam atau Gula Pasir

Eits, tenang saja. Walaupun diremas dengan garam atau gula pasir, rasa pare tidak akan berubah jadi keasinan atau kemanisan.

Sebelum diremas-remas dengan garam, kamu perlu mencuci dan memotong-motong parenya terlebih dahulu. Buang biji pare dan bersihkan selaput yang terdapat di bagian dalam pare. Lalu, iris tipis-tipis parenya dan taburkan dengan garam atau gula pasir. Remas pare hingga jadi agak melunak atau ‘melemas’. Kemudian  diamkan pare dalam wadah selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk cuci pare hingga bersih sebelum dimasak.

Selain diremas, cara ini juga dipercaya bisa mengurangi pahit dari pare. Rebus pare dengan air yang sudah diberi garam atau gula pasir sebelumnya. Angkat pare jika sudah empuk atau setengah matang.

2. Rebus bersama Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang disebut-sebut bisa mengatasi diare jika diminum air rebusannya, ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan pahit pada pare. Caranya, remas-remas terlebih dahulu daun jambu biji, kemudian rebus bersama pare hingga pare setengah matang. Untuk 500 gram pare, kamu bisa menggunakan 7-10 lembar daun jambu biji. Selagi merebusnya, kamu juga bisa menambahkan garam atau gula pasir agar rasa pahitnya lebih banyak hilang

3. Lempengan Tanah Liat (Lempung/Ampo)

Awalnya saya berpikir, memang iya lempengan tanah liat bisa digunakan buat masak? Tapi ternyata, banyak juga teman-teman saya yang menggunakan cara tradisional ini untuk menghilangkan rasa pahit di pare. Caranya, cuci lempengan tanah liat hingga bersih lalu rebus bersamaan dengan pare hingga setengah matang.

Lempengan tanah liat untuk memasak ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Tapi sekarang banyak orang telah meninggalkan cara yang satu ini karena dianggap kurang bersih.

Menghilangkan Pahit dari Daun Pepaya

1. Gunakan Garam Kasar

Kalau tadi pare diremas-remas dengan garam halus, beda lagi kalau daun pepaya. Pahit dari daun pepaya ini bisa juga dihilangkan dengan cara meremas-remasnya dengan garam kasar hingga layu. Setelah itu, diamkan daun pepaya selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Dengan garam ini, getah pada daun pepaya bisa berkurang sehingga rasa pahitnya juga akan hilang.

2. Rebus dengan Dedaunan Lain

Maksudnya bukan direbus dengan sembarangan dedaunan, ya. Daun pepaya ini bisa berkurang rasa pahitnya kalau kamu merebusnya bersama dengan jenis daun lain seperti daun jambu biji, daun jambu mete, atau daun singkong. Setelah direbus dan ditiriskan, daun pepaya bisa dipisahkan dari daun tambahan lainnya lalu siap untuk dimasak.

Kalau masih pahit, kamu bisa mengulang lagi proses rebusan ini. Biasanya kalau dicampur dengan daun singkong, saya tidak memisahkan daun pepaya dan daun singkongnya. Soalnya rasanya malah jadi enak kalau dimakan berbarengan.

3. Rebus dengan Asam Jawa

Selain bisa bikin wangi, asam jawa juga bisa mengurangi rasa pahit dari daun pepaya, lho. Cukup rebus asam jawa dengan daun pepaya, kalau masih pahit kamu bisa tambahkan asam jawa lebih banyak lagi.

4. Meremas Daun Pepaya

Nah kalau tidak mau repot, biasanya saya menghilangkan pahit di daun pepaya dengan cara yang satu ini. Soalnya cara ini yang paling praktis dan tidak membutuhkan bahan lainnya. Cukup remas-remas daun pepaya di bawah air keran yang mengalir, hingga daun pepaya jadi lemas dan airnya sudah tidak berwarna hijau. Dengan cara ini, getah akan keluar dan terbuang bersama air yang mengalir tadi.

Well, itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pahit dari pare dan daun pepaya. Setelah menghilangkan rasa pahitnya, jangan lupa untuk lanjut dimasak bersama aneka campuran bumbu sehingga rasanya lebih maknyus lagi. Semakin banyak bumbu dan rempah yang digunakan, rasa pahit juga akan semakin berkurang karena pasti didominasi rasa dari bumbunya. Selamat mencoba!