(Image: Shutterstock)

Penulis: Dara.M

Memiliki dapur yang luas mungkin dianggap sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi orang yang hobi memasak, jelas akan membuat sering bolak-balik dapur. Selain lebih leluasa, dapur yang luas akan memudahkan gerak-gerik kita saat ingin mengambil alat atau bahan tanpa khawatir tersenggol benda lain.

Sebetulnya dapur yang nyaman tak harus luas, asalkan semua sudutnya bisa berfungsi dengan baik, pasti akan membuat leluasa saat memasak. Oleh sebab itu, penataan dapur yang benar menjadi sangat penting. Jadi buat kamu yang hanya memiliki dapur yang kecil, yuk tata dapur kamu supaya lebih nyaman digunakan dan tidak kalah dengan dapur yang besar. Simak tips menarik berikut ini.

1. Tata dan Letakkan Peralatan Dapur Sesuai Frekuensi Penggunaan

Selain lebih memudahkan jika ingin mengambilnya, meletakkan peralatan dapur sesuai frekuensi penggunaan akan dapat membuat dapur lebih rapi. Peralatan dapur yang berantakan tentu akan membuat dapur terlihat lebih sempit daripada aslinya. Tatalah dengan prinsip dimana peralatan yang lebih sering dibutuhkan, bisa kamu letakkan di depan. Selain itu, posisikan kompor, sink cuci piring, dan kulkas pada titik dimana kamu memungkinkan untuk bergerak secara efisian di sekitar dapur, misalnya membentuk huruf L.

2. Sesuaikan Ukuran Serta Simpan Kelebihan Peralatan di Rak Penyimpanan

Karena dapurmu berukuran kecil, maka jangan memadati ruangan dengan peralatan yang berukuran besar dan berjumlah banyak. Misalnya, jangan menggunakan rice cooker yang berukuran terlalu besar, menaruh wajan penggorengan besar di luar, serta menaruh piring dan gelas terlalu banyak di konter. Kamu cukup menyimpannya di rak atau lemari dapur. Selain itu, tidak ada salahnya kamu mengalihkan fungsi bawah meja dan dinding atas dapur menjadi rak penyimpanan. Sehingga akan ada lebih banyak tempat untuk ‘menyembunyikan’ perabotan dapurmu.

3. Pencahayaan yang Cukup

Cahaya akan membuat dapur terkesan lebih luas. Oleh karena itu, sebisa mungkin dapur kamu harus mendapatkan pencahayaan yang cukup, baik dari sinar matahari ataupun lampu. Cara ini juga dapat menjaga dapur agar tidak lembab.

4. Perhatikan Warna Tembok

Nuansa warna tembok juga berpengaruh besar terhadap kenyamanan dapur yang ‘mini’. Cat bagian dinding dan langit-langit dapur dengan warna yang sama cerahnya, akan membuat ruangan terlihat lebih besar. Misalnya, dengan menggunakan warna putih di bagian dinding, meja, dan langit-langit. Selain cat, kamu juga bisa gunakan ubin dengan warna yang cerah juga.

Kenyamanan di dapur memang menjadi kunci utama saat memasak. Kamu tentunya akan rela berlama-lama untuk memasak jika dapurmu nyaman. Bukan sulap bukan sihir, dapur kamu sekarang akan menjadi lebih nyaman walau ukurannya tak begitu luas, dengan menerapkan tips di atas. Silakan dicoba!