Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Dulu, saat baru berkecimpung di dunia memasak, kadang saya bingung peralatan masak apa saja yang harus dibeli. Masalahnya, budget yang terbatas membuat saya harus ekstra selektif. Jangan sampai saya membeli alat masak yang sebenarnya tidak saya butuhkan. Terlebih lagi, ada begitu banyak jenis alat masak yang ditawarkan di pasaran, dengan model dan warna yang comot-able banget.

Saya pun cari tahu dari banyak sumber, juga survey langsung kepada orang-orang di sekitar yang sudah terbiasa memasak. Dari semuanya, saya merangkum ada beberapa alat yang memang harus saya punya sebagai pemula. Nah, kalau kamu sedang dilanda kebingungan serupa, berikut saya akan berbagi tipsnya. Yuk, langsung disimak.

1. Pisau

(Image: Pcnchef)

Pisau adalah alat masak dasar yang wajib kamu punya. Sebagai permulaan, kamu bisa coba beli dua buah pisau dulu. Satu pisau serbaguna yang bisa kamu gunakan khusus untuk memotong bahan seperti sayur, daging, dan lain-lain. Satunya lagi pisau khusus buah. Sebagai referensi, coba beli pisau dengan gagang yang kuat dan tidak licin agar lebih nyaman dan aman saat kamu gunakan. Referensi mengenai jenis-jenis pisau apa yang tepat juga bisa kamu baca disini.

2. Wajan

(Image: Iprice)

Kalau kamu suka makan aneka gorengan dan berniat untuk belajar memasaknya sendiri, berarti kamu harus banget punya wajan. Ada sedikit tips untuk kamu saat akan membeli wajan, pilih wajan yang memiliki lapisan anti lengket dengan material food grade dari brand yang sudah terpercaya. Mungkin harganya memang agak mahal, tapi lebih terjamin dan awet, pastinya. Untuk ukuran, kamu bisa sesuaikan dengan jumlah porsi yang akan kamu hidangkan sekali masak. Biasanya hal ini dipertimbangkan dengan jumlah anggota keluarga di rumah.

3. Panci

(Image: Cutco)

Kamu bisa bereksperimen membuat aneka sup, kaldu, juga saus dengan menggunakan panci, lho. Kalau kamu ingin membeli panci, coba pilih yang berbahan material baik dan cukup tebal. Panci yang terlalu tipis akan membuat makanan cepat gosong, sementara panci yang terlalu tebal akan membuat kamu kesulitan menggunakannya. Jangan lupa juga, pilih panci bergagang anti panas agar kamu lebih mudah mengangkatnya dari kompor.

4. Talenan

(Image: Johnlewis)

Kamu pasti akan sangat membutuhkan talenan untuk alas saat memotong bahan makanan. Di pasaran biasanya terdapat tiga jenis talenan; kayu, plastik, dan bambu. Sebaiknya kamu memilih talenan kayu, ya. Selain lebih ekonomis, talenan kayu ini terkenal nyaman dipakai dan tidak gampang bergeser. Talenan plastik juga bagus, hanya saja dia lebih mudah tergores dan meninggalkan bekas, sehingga bakteri lebih mudah mengumpul. Sementara untuk talenan bambu, memiliki keunggulan yang hampir sama dengan talenan kayu, bahkan lebih ringan. Hanya saja, kekurangannya bikin pisau kamu cepat tumpul! Hal-hal berikut ini juga bisa kamu pertimbangkan saat memilih bahan dasar talenan. Setelah memutuskan membeli talenan yang mana, perhatikan juga deh tips bermanfaat yang satu ini.

5. Sutil

Yang satu ini juga wajib banget ada di dapur kamu. Fungsinya untuk mengaduk berbagai masakan. Demi kenyamanan dan keamanan kamu saat memasak, kamu bisa beli sutil yang terbuat dari kayu. Itu karena penggunaan sutil kayu tidak akan menghantarkan panas. Sendok kayu juga lebih aman digunakan pada peralatan masak anti-lengket. Selain karena ia tidak akan menggores alat masak, ia juga tidak bereaksi dengan bahan logam pada alat masak kamu, yang dapat mengubah rasa makanan dan juga berbahaya buat kesehatan.

6. Blender

(Image: Istock)

Kalau yang satu ini termasuk ke dalam “a must have gadget in your kitchen“. Pokoknya, benar-benar mempermudah urusan dapur kamu! Selain bisa dijadikan alternatif pengganti ulekan dalam menghaluskan bumbu dengan lebih halus dan cepat, blender juga bisa kamu gunakan untuk membuat jus dan makanan bayi. Demi keamanan dan kesehatan, usahakan memilih blender berlabel food grade. Simak deh tips berikut agar kamu lebih mantap memutuskan membeli blender yang mana sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Dari pengalaman selama ini, saya sudah membuktikan sendiri jika keenam alat masak dasar di atas itu, memang akan sangat kamu butuhkan. Jika budget kamu terbatas, kamu bisa menyicil beli satu-satu dulu saja, yang sekiranya paling dibutuhkan. Intinya, sesuaikan semuanya dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, ya!