Penulis: Dara.M

Soto adalah hidangan kuah yang lezat nan gurih dengan berbagai macam isian, mulai dari mie, daging ayam, hingga kerupuk. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, deh. Apa lagi, bila dimakan saat cuaca dingin dan dihidangkan saat kuahnya masih panas. Mantap!

Kuliner Indonesia ini, banyak sekali dijual dengan embel-embel nama belakang suatu daerah. Bahkan, hampir semua daerah di Indonesia mempunyai hidangan soto khasnya, loh. Namun, berbeda daerah, berbeda pula keunikan soto yang ada. Nah, saya akan bahas keunikan soto dari beberapa kota di Indonesia berikut ini.

1. Soto Betawi

soto-betawi

Siapa yang tak kenal dengan soto khas dari Jakarta ini, apa lagi yang sudah lama tinggal di ibukota tercinta. Semuanya pasti sudah pernah mencicipi gurih nan lezatnya soto dari Jakarta ini, kan? Ada yang menamainya dengan soto Jakarta, namun ada pula yang menamainya dengan soto Betawi. Walaupun begitu, apalah arti sebuah nama, keduanya sama.

Soto betawi memiliki kuah putih dan berisi daging atau dengan campuran sandung lamur. Kuah putih dari soto Betawi ini berasal dari susu. Namun karena harganya mahal, bisa menggunakan santan sebagai penggantinya. Tak heran, jika soto Betawi ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Aromanya pun sangat menggunggah selera karena menggunakan pala, cengkeh dan kapulaga.

Nah untuk pelengkap dari soto khas Jakarta ini, biasanya menggunakan emping, acar timun, dan jeruk limau. Kalau saya sih, paling penting menambahkan sambal biar makin maknyus! Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep soto Betawi ini.

2. Soto Bandung

Beralih ke Jawa Barat, ada juga soto yang tak kalah gurihnya. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mencicipinya, karena banyak sekali yang menjualnya di sekitar kita. Bahkan kamu juga bisa menyajikannya sendiri di rumah dengan resep lezat soto Bandung ini.

Soto Bandung memiliki keunikan yaitu disajikan dengan irisan tipis lobak dan taburan kacang kedelai di atasnya. Kuah soto ini bening dan sangat gurih karena menggunakan kaldu daging. Pastinya sangat lezat dan menggugah selera deh!

3. Soto Banjar

resep-soto-banjar

Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto ini memiliki keistimewaan racikan bumbu rempah yang komplit dan gerusan kacang kenari dalam kuahnya.

Aslinya, kuah soto Banjar mempunyai warna putih karena terbuat dari susu dan dinikmati bersama ketupat atau lontong, rebusan telur dan teman setianya yaitu perkedel. Nyum! Pasti nikmat sekali, apalagi dihidangkan saat masih panas. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, yuk coba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan resep soto Banjar berikut, yang asli dibuat oleh orang Banjar!

4. Soto Ambengan

soto-ambengan

Siapa yang suka orang Surabaya? Eh, maksudnya soto dari Surabaya, yah. Soto dengan suwiran ayam ini sangat khas dengan adanya penambahan koya di atasnya. Koya dibuat dari bawang goreng garing yang dicampur dengan kerupuk udang lalu dihaluskan. Tak heran jika kuah soto ini sedikit agak keruh. Meskipun begitu, rasa gurih dari koya yang bercampur jadi satu dengan kuah, menghasilkan cita rasa yang nikmat banget. Yuk, sajikan di meja makan rumahmu dengan resep maknyuss soto Ambengan ini.

5. Soto Padang

soto-padang

Tak hanya satenya yang lezat, sotonya pun juga sangat memikat. Soto Padang dengan isian daging ini memang hampir sama dengan soto dari daerah lain. Namun perbedaannya adalah potongan daging sapinya digoreng hingga kering, sebelum disajikan bersama kuah dan isian lainnya. Soto ini juga dilengkapi dengan soun dan perkedel kentang.

Menyantap soto ini tidaklah lengkap tanpa tambahan sambal merah khas Padang. Biasanya soto ini dinikmati bersama kerupuk berwarna pink cerah atau kerupuk kulit sapi. Lezat kan? Ayo coba sajikan sendiri dengan resep soto Padang yang super lamak ini.

Tahukah kamu bahwa soto itu merupakan sajian terkenal dari Indonesia yang sudah melanglang dunia, sama halnya seperti nasi goreng dan sambal. Makanya kamu harus kenal dan coba menyantap soto di setiap daerah yang kamu kunjungi. Jika belum sempat berkeliling Indonesia, kamu juga bisa coba soto dari daerah lainnya.