(Image: Pixabay)

Penulis: Dara.M

Frustasi rasanya jika kue yang sudah dibuat dengan pedenya, berakhir dengan bantat dan gagal. Kalau dilihat secara kasat mata sih, membuat kue memang sangat mudah. Hanya mencampurkan bahan, kemudian panggang masuk oven. Tapi pada kenyataannya, tak semudah seperti yang dilihat. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam pembuatan kue. Tak hanya bahan dan cara memanggang saja, mengaduk adonan pun sangat berperan penting untuk membuat kue anti gagal, loh.

Hayo, siapa diantara kamu yang saat mengaduk adonan kue, dikerjakan dengan asal saja? Ingat, mengaduk adonan kue yang asal berarti memasukkan banyak udara ke dalam adonan, loh. Jadi kalau salah dalam mengaduknya, pantas saja kue kamu gagal. Lalu, bagaimana cara mengaduk adonan yang benar agar kue sukses dan anti bantat? Yuk, simak tips berikut.

1. Pelajari Resep yang Dibuat

Pertama-tama, kamu harus pelajari resep yang akan dibuat. Tidak hanya bahannya saja yang kamu perhatikan, tetapi kamu harus jeli membaca instruksi proses pembuatannya. Nah biasanya, di resep tertulis instruksi untuk mengaduk, aduk balik, atau aduk rata. Bahan kue yang diaduk pada umumnya ialah bahan kering seperti terigu, baking powder, dan cokelat bubuk.

Kamu harus hati-hati, jangan sampai keliru dengan istilah mengocok. Karena mengocok biasanya dilakukan untuk bahan adonan yang basah, seperti telur, margarin, dan gula yang dikocok bersamaan.

2. Gunakan Spatula atau Sendok Kayu

Nah, mengaduk itu sendiri artinya ialah mencampur adonan menjadi satu dengan menggunakan spatula atau sendok besar. Jadi, untuk mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan telur sebaiknya menggunakan sendok kayu. Oya, jangan sekali-sekali mengaduk dengan menggunakan mixer meskipun dengan kecepatan paling rendah sekalipun. Karena akan melepas udara dalam adonan sehingga akan menyebabkan adonan tidak mengembang secara sempurna. Sedangkan jika menggunakan sendok kayu, udara yang berada dalam adonan akan terperangkap dan tidak terbuang sehingga menghasilkan adonan yang sesuai dengan keinginan kita dan mampu mengembang sempurna.

3. Teknik Aduk Lipat

Untuk mengaduk adonan, kamu tidak boleh asal, ya. Diperlukan teknik agar kue yang kamu buat sukses dan anti bantat. Tekniknya disebut dengan teknik aduk lipat atau teknik aduk balik.

Nah, aduk lipat atau aduk balik ini merupakan teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental. Misalnya, adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan terigu, kuning telur, minyak dalam pembuatan chiffon cake.

Untuk caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong adonan di bagian tengah hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Gerakannya seperti membalik atau melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata.

Pastikan kamu mencoba menerapkan 3 tips jitu di atas ya ketika membuat kue selanjutnya. Bukan hanya cantik, hasil kuemu juga akan memiliki rasa yang enak dan memuaskan. Bahagia banget kan rasanya bila baking-mu sukses dan disukai hasilnya oleh orang banyak, apalagi orang terdekat. Wih, bakal baking terus nih dan bereksperimen dengan resep-resep kue cantik lainnya. Selamat mencoba!