Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kalau kamu termasuk ke dalam pecinta sambal dan lalapan, pasti udah nggak asing dong ya sama yang namanya ikan asin. Rasanya yang asin dan gurih pekat kalau berpadu dengan pedasnya sambal emang juara! Bahkan saking nikmatnya, kamu sampai pingin nambah dan nambah lagi!

Nah, pengertian ikan asin sendiri adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Jenis ikan asin favorit kamu apa nih, sobat ResepKoki? Eh, jangan bilang kalau kamu nggak tahu jenis ikan asin? For your information, di Indonesia itu jenis ikan asin ada banyak sekali, yang paling populer di antaranya. 

1. Ikan asin gabus

ikan-asin-gabus
(Image: Carapengolahan)

Ikan asin ini cukup digemari di Indonesia lho, karena citarasa dagingnya yang lezat dan khas. Kelebihan lain dari ikan asin ini adalah relatif bersih. Kenapa? Karena sebelum diasinkan, ikan gabus dibelah dan dibersihkan dari sisik, insang, dan isi perutnya. Makanya, harga ikan asin gabus ini sedikit mahal. Cukup sesuai kan ya dengan kualitasnya. Nah, olahan yang paling populer dari ikan gabus yang diasinkan adalah sambel goreng ikan asin gabus, ikan asin gabus balado, dan ikan asin gabus cabe hijau.

2. Ikan asin peda

ikan-asin-peda
(Image: Cara)

Nah, kalau yang satu ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dong ya. Ikan asin peda ini merupakan olahan ikan asin setengah kering. Harga ikan ini juga tidak terlalu mahal. Ikan asin peda ini biasanya enak diolah menjadi pepes.

3. Ikan asin teri jengki

ikan-jengki
(Image: Cara)

Siapa di sini yang suka makan sambal goreng teri kacang? Nah, ternyata ikan asin inilah yang sering dipakai. Ikan asin ini sungguh merakyat karena harganya yang sangat murah dan banyak ditemukan di mana-mana. Eits, walaupun merakyat, nilai gizinya cukup tinggi lho akan kandungan kalsium dan fosfornya, sebab ikan ini dikonsumsi lengkap bersama tulang dan kepalanya.

4. Ikan asin cucut

ikan-cucut
(Image: Simomot)

Mau tahu salah satu olahan khas dari ikan asin yang satu ini yang nggak boleh dilewatkan? Yup, asem-asem ikan cucut asin!

5. Ikan asin jambrong

ikan_jambrong
(Image: Wikimedia)

Ikan asin yang satu ini hampir-hampir mirip dengan ikan gabus. Biasanya diolah menjadi sambal, abon, atau digoreng.

6. Ikan asin katamba

ikan-asin-katamba
(Image: Ikanasinbanggai)

Ternyata, ikan asin katamba termasuk ke dalam ikan asin termahal lho, karena rasanya yang lezat. Nah, biasanya ikan asin jenis ini diolah menjadi sambal goreng tempe atau ikan asin tumis asam.

7. Ikan jambal roti

(Image: Infopeluangusaha)

Ini nih primadonanya ikan asin. Paling terkenal deh di Indonesia! Meskipun harganya mahal, tapi ikan jambal roti ini tetap digemari lho karena bentuknya yang tebal seperti roti dan rasanya yang super gurih (dan asin). Ternyata harganya yang mahal ini, disebabkan oleh dua perpaduan alasan, yaitu permintaan yang tinggi dan bahan bakunya yang terbatas. Bahan bakunya pun harus spesifik yaitu ikan manyung dan kadukang.

Ikan asin ini paling cocok dijadikan campuran nasi liwet atau dibuat tumis super pedas bersama potongan cabe dan pete. Jika sedang malas masak, kamu cukup goreng ikan asin ini dengan potongan dadu kecil, sajikan bersama nasi panas, sayur asem, dan sambal kesukaan. Yumm, ngiler kan!

8. Ikan asin tenggiri

12366483_10ikan_asin_tenggiri_n
(Image: Bukalapak)

Tahu nggak, ikan tenggiri itu masih saudaraan dengan ikan makerel, tuna, dan boneto lho. Sementara ikan asinnya ini sering disajikan sebagai tumis bersama sambel yang super pedas dan menggigit.

9. Ikan asin petek

(Image: Menusebulan)
(Image: Menusebulan)

Kamu pernah melihat ikan asin yang bentuknya pipih dan lebar serta garing saat dikonsumsi? Bisa jadi itu ikan asin petek. Ikan ini gampang sekali diolah. Cukup digoreng sebentar dalam minyak panas, ikan asin ini sudah krispi dan enak banget. Apalagi disajikan bareng nasi panas dan sambel favorit, maknyusss!

10. Cumi Asin atau Cumi Telur

(Image: Tokopedia)
(Image: Tokopedia)

Sesuai namanya, ini bukan ikan, ya. Melainkan terbuat dari cumi-cumi kecil yang diasinkan. Cumi asin ini nikmat diolah menjadi cumi pedas manis, sambel cumi asin pete, cumi cabe hijau, dan balado cumi asin.

11. Rebon

rebon
(Image: Tokopedia)

Kalau yang satu ini, jenis dari udang kecil yang dikeringkan dan diasinkan. Nah, rebon ini paling cocok dimasak dengan kelapa sangrai.

Jadi, ikan asin yang mana yang ingin kamu masak dan lahap dulu? Ingat ya, konsumsilah ikan asin ini sebagai lauk secukupnya saja, mengingat kandungan garamnya yang cukup tinggi. Kamu juga bisa mengurangi kadar asinnya dengan cara merendam dan membilas berkali-kali sebelum dimasak. Siap mencoba?