(Image: Quotesgram)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Masak itu memang menyenangkan banget ya. Selain hati senang, perut juga kenyang dong pastinya! Eh, tapi ada satu sih yang nggak enak; bagian nyuci perabot!

Paling sebel kalau ke sink dan melihat ada panci atau wajan yang gosong dan berkerak. Selain merusak pemandangan, udah pusing dulu ngebayangin gimana repotnya menghilangkan noda tersebut. Mau nyuci males, tapi kalau dibiarkan begitu saja bisa-bisa nodanya makin betah nongkrong di perabot masak. Alhasil, kita harus pinter cari ide untuk mengatasi permasalahan di atas.

Tapi jangan khawatir, sobat ResepKoki, ternyata membersihkan panci dan wajan gosong itu tidak sesulit yang ada dalam bayangan. Kamu bisa kok memanfaatkan beberapa bahan makanan di rumah untuk membersihkan perabot kamu dengan mudah dan murah. Apa saja sih bahan dan cara penggunaannya? Cek di bawah ini ya, ladies!

Rendam dengan Air Panas

Merendam panci dan wajan gosong dengan air panas ternyata bisa membuat kerak yang menempel jadi lembek dan mudah dibersihkan lho. Caranya, siapkan air panas di dalam ember atau baskom, lalu masukan panci dan wajan gosong tadi. Usahakan seluruh bagian yang gosong terendam semua, ya. Akan lebih baik lagi jika kamu rendam langsung panci dan wajan setelah dipakai, supaya makin gampang membersihkannya.

Gunakan Bahan-bahan Berikut: 

Setelah merendamnya beberapa saat dengan air panas, pilih dan gunakan salah satu dari bahan ini saat mencuci perabotmu yang penuh kerak itu, ya.

1. Air Cuka

Tahu nggak sih kenapa cuka bisa dipakai buat bersihin kerak gosong pada perabot masak? Itu semua karena kandungan asam asetat di dalamnya. Nah, membersihkan kerak pada panci dan wajan gosong dengan cara ini ternyata gampang banget, kamu cuma perlu siram air cukanya ke bagian yang berkerak. Tunggu beberapa saat, panci dan wajan gosong kamu siap dibersihkan seperti biasa.

2. Minyak Sayur

Selain menggoreng dan menumis, minyak sayur juga bisa banget lho dijadikan alternatif membersihkan panci dan wajan gosong kamu. Caranya, cukup oleskan saja minyak ke bagian yang gosong. Lemak pada minyak berfungsi untuk melunakkan kerak. Jadi kamu nggak perlu lagi menggosoknya keras-keras, karena lebih mudah dibersihkan.

3. Campuran Baking Soda dan Air

Baking soda itu memang banyak banget deh fungsinya, bahkan  bisa dipakai untuk membersihkan kerak bandel di panci atau wajan gosong kamu. Caranya juga sama gampangnya, kamu cuma perlu mencampurkan beberapa sendok baking soda dan air, dibuat jadi bentuk pasta gitu. Terus tinggal oles deh ke bagian kerak gosong. Tunggu dulu beberapa saat sebelum dibersihkan ya!

Nah, ternyata mudah dan murah banget kan tips di atas? Sekarang, sobat ResepKoki nggak perlu lagi mengeluarkan tenaga ekstra buat menggosok panci dan wajan yang gosong di rumah. Bye, kerak gosong!