(Image: Bettycrocker)

Penulis: Ninna.L

Telur rebus tanpa cangkang dengan bagian kuning setengah matang yang seketika lumer pas dibelah itu rasanya hmm, yummy! Yup, poached egg! Omong-omong, sudah pada tahu belum nih apa itu poached egg? Poached egg adalah telur ceplok rebus yang dimasak dengan cara direbus perlahan di air yang sedikit mendidih atau metode simmering.

Oya, telur yang digunakan untuk membuat poached egg tidak bisa sembarangan lho. Baiknya sih menggunakan telur yang masih segar atau baru ditetaskan oleh induknya. Kalaupun kamu tidak punya peternakan ayam sendiri sehingga nggak bisa dapat telur yang baru ditetaskan, usahakan telur yang kamu gunakan itu masih segar. Kalau kamu menggunakan telur yang tidak segar, hasil poached egg-nya pun tidak akan sempurna karena biasanya putih telur akan langsung terpisah dari kuningnya, saat dimasukkan ke dalam air.

Meskipun kedengarannya sulit, tapi kamu bisa kok membuat sendiri poached egg di rumah. Asalkan cara memasaknya benar, poached egg yang kamu buat bisa sesempurna buatan para chef di restoran lho! Yuk, intip cara buatnya di bawah ini:

  1. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan saat membuat poached egg adalah langsung memecahkan telur di atas panci. Padahal hal tersebut bisa membuat bentuk telur rusak lho, karena ada kemungkinan kuning telur ikut pecah. Sebaiknya supaya aman, pecahkan telur dan tempatkan di gelas atau mangkuk kecil terlebih dahulu.
  2. Tambahkan ¼ cuka dan sedikit garam pada air dalam panci, lalu nyalakan api kecil sampai air cukup panas dan sedikit mendidih. Aduk air di panci sampai membentuk pusaran kecil.
  3. Celupkan bibir gelas atau mangkuk ke air mendidih dan tuang telur secara perlahan. Diamkan sejenak sampai serabut putih menyelimuti kuning telur.
  4. Masak telur sesuai tingkat kematangan yang kamu inginkan, ya. Empat menit untuk telur yang bertekstur sangat lembut, 5 menit untuk tingkat kematangan sedang, atau 8 menit jika kamu menginginkan telur yang bertekstur keras.
  5. Matikan kompor.
  6. Gunakan sendok berlubang untuk menciduk telur dari air mendidih. Tujuannya agar tidak ada kelebihan air yang terikut. Kamu juga bisa menggunakan saringan jika tidak ada sendok berlubang.
  7. Agar bentuk poached egg yang kamu punya tetap cantik, masukkan ke dalam mangkuk berisi air es sampai dingin.
  8. Angkat telur dari mungkuk berisi air es tadi dan tiriskan.
  9. Poached egg siap dihidangkan.

Nah, mudah banget kan cara membuat poached egg? Kamu hanya perlu menguasai tekniknya dengan baik. Sekarang nggak ada lagi tuh namanya poached egg gagal dengan bentuk tak karuan. Yang ada, poached egg cantik dengan bentuk sempurna dan tidak kalah dengan buatan para chef di hotel atau restoran!