Penulis: Ninna.L

Seringkali alpukat yang dijual di pasar atau supermarket itu masih mengkal, sehingga kita nggak bisa langsung menikmatinya. Tapi, terkadang kesel juga ya, kalau alpukat yang udah kita peram berhari-hari tidak kunjung matang juga. Tiap dicek, ternyata masih keras. Kalaupun ada yang sudah matang, cuma sebagian aja.

Nah, untuk menyiasatinya, ada beberapa trik nih yang bisa banget kamu coba supaya alpukat yang kamu punya cepat matang. Yuk, check it out!

1. Bungkus alpukat dalam kantong kertas

Pastikan kamu membungkus alpukat dengan benar ya, jangan sampai ada bagian yang terlewat. Bisa-bisa, alpukat kamu matangnya nggak rata. Dengan cara ini, alpukat kamu akan matang dalam kisaran waktu 3-4 hari ya. Oh iya, kalau kamu tidak punya kantong kertas, bisa juga pakai kertas koran lho!

2. Simpan alpukat berdekatan dengan buah Lain yang sudah matang

Kamu tahu kan mengenai gas etilen? Gas ini berperan dalam proses pematangan buah dan dihasilkan oleh buah itu sendiri. Gas etilen yang dilepaskan dari buah yang sudah matang akan menyebar pada buah lain juga. Letakkan alpukat mengkal tadi berdekatan dengan buah-buahan matang seperti pisang, apel, atau tomat. Maka buah alpukatmu akan ketularan cepat matangnya.

3. Benamkan alpukat dalam tepung

Kalau tidak punya kertas atau buah-buahan matang lain, kamu bisa coba cara ini. Pastikan semua bagian alpukat terendam tepung dengan sempurna ya. Oya, cara ini juga berlaku buat buah-buahan lain lho!

4. Tempatkan alpukat di dekat jendela

Ternyata menyimpan alpukat mentah di dekat jendela juga bisa mempercepat proses pematangannya lho. Dengan cara ini, alpukat kamu bisa matang dalam waktu sekitar dua hari saja!

5. Memotong ujung buah alpukat

Potong bagian ujung alpukat, dikit saja ya, lalu tutup ujung buah alpukat tersebut dengan tisu hingga bagian yang terbuka karena dipotong tadi tertutup kembali dengan sempurna. Agar tisu tidak lepas, rekatkan dengan selotip. Simpan alpukat di tempat gelap selama 3-4 hari.

6. Panggang alpukat di dalam oven

Pertama-tama, bungkus buah alpukat dengan alumunium foil, pastikan kalau seluruh bagian buah tertutup rapat, ya. Alumunium foil ini berfungsi untuk  merangsang gas etilen pada buah alpukat, sehinngga bisa mematangkan buah alpukat dengan cepat.

Kedua, masukkan buah alpukat tadi ke dalam oven bersuhu 100°C selama sepuluh menit atau lebih. Setelah memastikan buah telah matang sempurna, lepaskan alumunium foil tadi dan masukkan alpukat ke dalam lemari es selama beberapa saat.

Cara terakhir ini barangkali merupakan cara tercepat di antara yang lainnya. Tapi perlu diingat, mematangkan alpukat dengan cara ini bisa membuat rasa alpukat sedikit berubah. Jadi jika kamu menginginkan rasa alpukat yang asli, lebih baik mematangkannya dengan cara alami ya, walau mungkin harus menunggu sedikit lebih lama.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!