Penulis: Rosalia

Pasti teman-teman ResepKoki sering memerhatikan saat makan buah (seringnya sih apel ya), kalau terlalu lama diletakkan di luar buahnya akan berubah warna menjadi cokelat. Perubahan warna ini punya nama keren yakni browning. Proses browning ini merupakan proses oksidasi yang terjadi saat buah berada di ruangan terbuka.

Walaupun sebenarnya nggak memengaruhi rasa buahnya, tapi tetap saja penampilan buah jadi tidak menarik lagi. Sebelum membahas bagaimana caranya mencegah buah dan sayur dari pencokelatan, ResepKoki akan memberi info mengenai buah apa saja yang bisa berubah warna. Soalnya nggak semua buah dan sayur akan mengalami proses browning kalau diletakkan di ruang terbuka, ladies. Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Buah Apa Saja yang Biasanya Mengalami Browning?

Well, walaupun tidak semua buah dan sayur mengalami browning, tapi nyatanya buah yang mengalami browning adalah buah yang rata-rata sering kita makan. Selain apel, ada juga buah lain seperti pir, jambu biji, salak, dan pisang. Browning pun bisa terjadi pada sayur-sayuran seperti terung dan kentang.

Setelah tahu jenis buah apa saja yang mengalami browning, berikut ini ResepKoki berikan tips cara mencegah buah dan sayur dari browning.

1. Rendam dalam Air Garam

Kalau nggak mau langsung dimakan, kamu bisa merendam buah ke dalam air garam dingin. Eits tapi perbandingannya harus akurat ya. Misalnya untuk 4 gelas air, kamu cukup menuang ½ sdt garam saja. Kalau kebanyakan, nanti rasa buahnya malah bakalan berubah. Untuk pisang, cukup celupkan sekali saja, tidak perlu sampai direndam.

2. Gunakan Perasan Air Lemon atau Jeruk Nipis

Kamu bisa juga mengoleskan air lemon ke buah-buah yang hendak disimpan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup oleskan dengan jari saja. Kandungan asam pada lemon akan mencegah browning karena memperlambat proses oksidasi. Ingin yang tidak perlu oles satu-satu? Cukup rendam buah-buahan yang sudah dipotong itu ke dalam  perasan buah lemon atau jeruk nipis yang sudah dicampur air, seperti perlakuan dengan air garam di atas.  

3. Gunakan Air Cuka

Selain lemon, kamu juga bisa menggunakan asam yang terkandung dalam air cuka. Caranya mirip-mirip dengan menggunakan air lemon. Kamu bisa mencampur cuka sedikit dengan air supaya baunya nggak terlalu kecut. Lalu rendam buah beberapa saat ke dalam larutan cuka. Pembuktian anti-browning dengan air cuka ini bisa kamu lihat dari asinan bogor, yakni buah-buahan yang direndam dengan air cuka. Hasilnya buah tidak cepat berubah warna walau sudah disimpan di kulkas berhari-hari, kan?

4. Menggunakan Air Soda

Coba deh sediakan air soda dalam satu wadah terus celup apel atau pir ke dalam air soda tersebut selama 1-2 menit. Kandungan soda ini bisa juga loh mencegah proses browning pada buah. Lebih baik lagi kalau sudah direndam kamu simpan potongan buah ke dalam plastik. Tapi pastikan tidak ada udara yang ikut tersimpan dalam plastik ya. Karena sebenarnya udara inilah sumber oksidasi yang menyebabkan warna buah berubah jadi cokelat.

Tips Lain untuk Buah Pisang

Khusus untuk pisang, kamu juga bisa melakukan pencegahan browning ini sebelum mengonsumsinya. Jangan simpan pisang di kulkas karena akan mempercepat proses pencokelatannya, ladies. Kalau kamu taruh di wadah terbuka, usahakan juga jangan langsung terkena sinar matahari.

Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pencoklatan pada buah dan sayuran yang kamu konsumsi. Kalau memang tidak ingin terjadi browning, lebih baik segera konsumsi habis buah dan sayur setelah dikupas ya.