Penulis: Rosalia

Saat jalan-jalan di supermarket, pernah nggak sih kalian wonder ada jenis saus dan kecap apa saja yang ada di sana? Soalnya, botol yang dipajang itu banyak banget. Sedangkan umumnya yang kita tahu hanya saus sambal, kecap manis, atau kecap asin. Nah, setelah saya telaah lebih jauh (kayak investigasi nih ya), ternyata saus dan kecap itu ada banyak banget macamnya lho. Berikut ini aneka saus dan kecap yang bisa kita temui di supermarket dan ragam kegunaannya untuk masakan.

Aneka Kecap

1. Kecap Manis

kecap-manis

Kalau ini sih nggak perlu ditanya lagi ya. Kita pasti sering menemukannya dan juga membelinya untuk keperluan makan sehari-hari. Kecap manis ini dibuat dari fermentasi biji kedelai hitam yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya. Teksturnya kental, rasanya manis, dan berwarna hitam pekat.

Kecap manis juga punya berbagai inovasi yang bisa kamu temui di supermarket loh. Misalnya kecap pedas atau kecap ekstra pedas yang punya banyak banget biji cabe (terlihat dari luar botolnya sih). Rasanya yang pasti manis pedas ya. Enak banget nih kalau dijadiin pendamping sop, tahu goreng, atau cocolan ayam rebus. Lalu ada juga kecap manis black gold yang diklaim lebih kental dan pekat. Pastinya kecap manis ini cocok sekali digunakan untuk membuat nasi goreng, mi goreng, dan ayam kecap.

2. Kecap Asin

kecap-asin

Sama kayak kecap manis, kecap asin juga dibuat dari biji kedelai hitam. Bedanya, saat membuat kecap asin ditambahkan garam lebih banyak. Teksturnya cair dan warnanya tidak sepekat kecap manis karena sudah dicampur garam. Jangan terlalu banyak menggunakan kecap asin ini ya karena biasanya asin masakan sudah didapat juga dari penambahan garam.

3. Kecap Jepang atau Shoyu

shoyu

Kecap Jepang ini punya pembuatan dan cita rasa mirip dengan kecap asin. Hanya saja, kecap Jepang lebih banyak menggunakan gandum dibanding garam. Sehingga teksturnya juga tidak seencer kecap asin, tapi agak pekat. Kalau di supermarket besar, kecap Jepang ada dua jenis, yaitu koikuchi (dark) yang punya warna cokelat pekat serta aroma kuat dan usukuchi (light) yang warnanya cokelat muda serta aromanya lebih ringan.

4. Kecap Inggris

kecap-inggris

 

Nama kerennya adalah worcestershire sauce atau worcester sauce. Kecap ini teksturnya encer, sedikit asin, dan wanginya khas. Walaupun namanya kecap, kecap inggris bahan dasarnya tidak dibuat dari biji kedelai seperti kecap manis dan asin loh. Kecap ini dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy (ikan teri/bilis), bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan cengkeh. Kecap ini biasanya digunakan untuk masakan yang dibakar atau dipanggang, terutama sapi.

5. Kecap Ikan

kecap-ikan

 

Nah, kalau ingin makanan kamu jadi wangi gurih khas ikan, gunakan kecap ini. Kecap ikan ini merupakan hasil fermentasi ikan dan garam. Ikan digarami, lalu difermentasi dalam wadah tertutup selama beberapa bulan. Setelah itu, cairan dari hasil fermentasi inilah yang dijadikan kecap ikan. Eits, tidak jarang juga bahan ikannya diganti dengan udang, cumi-cumi atau kerang. Rasanya asin, jadi tidak perlu banyak-banyak menggunakannya ya.

6. Kecap Jamur

mushroom-soyauce

 

Sesuai namanya, bahan dasar pembuatan kecap ini pastinya jamur, ya ladies. Jamurnya dilumuri garam terlebih dahulu, didiamkan seharian, setelah itu dicuci bersih dan dikeringkan. Setelah kering, jamur direbus dengan tambahan bumbu lainnya seperti kembang pala, jahe, bawang putih, kayu manis, dan lain-lain. Teksturnya lebih encer dibanding kecap manis, tapi nggak seencer kecap asin. Biasanya kecap jamur digunakan untuk membuat ayam bakar, masakan jamur dan sayuran, juga sup. Aroma masakannya pasti jadi lebih wangi!

Aneka Saus

1. Saus Cabai

saus-cabai

 

Duh, ini sih sudah jadi favorit hampir semua orang ya termasuk saya. Ada banyak sekali pilihan saus cabai, mulai dari pedas, ekstra pedas, sambal Bangkok, manis pedas, dan lain-lain. Saus cabai ini ternyata bahan pembuatnya juga menggunakan cuka loh. Makanya kalau kamu makan saus cabai terkadang tidak hanya pedas tapi asam juga. Paling enak saus cabai ini dicampur dengan mi instan ya.

2. Saus Tomat

saus-tomat

Teksturnya kental dan baunya khas tomat banget. Saus ini terbuat dari pure tomat alias bubur tomat yang kental dengan tambahan bumbu-bumbu. Sebut saja gula, garam, bawang putih, lada, maizena, dan lain-lain. Biasanya saus tomat sering dijadikan bahan dasar untuk pembuatan ikan asam manis atau saus spaghetti.

3. Saus Tiram

saus-tiram

Sesuai namanya, saus ini terbuat dari tiram yang sudah difermentasi. Kalau bahasa Inggris-nya, oyster sauce. Biasanya, tiram akan ditambahkan dengan rempah-rempah dan karamel. Warnanya cokelat gelap, mirip-mirip kecap manis dengan teksturnya yang kental. Untuk para vegetarian, ada juga saus tiram yang terbuat dari jamur loh. Ingat, saus tiram ini sudah memiliki rasa asin dan gurih ya, sehingga jangan menggunakannya berlebihan.

4. Saus Teriyaki

saus-teriyaki

Teriyaki merupakan istilah cara memasak di Jepang, yakni memanggang atau membakar. Nah, kalau kamu ingin membuat aneka bakaran atau panggangan, bahannya bisa direndam dulu dengan saus teriyaki supaya lebih maknyus. Kalau di Jepang, saus teriyaki ini terbuat dari sake, kecap jepang, dan gula. Tapi kamu bisa mengganti sake ini dengan madu, kok. Lalu beri tambahan bumbu-bumbu lain seperti bawang putih, jahe, dan sari jeruk lemon agar lebih terasa. Kamu juga tidak perlu khawatir ketika membeli saus teriyaki botolan yang ada di supermarket Indonesia, karena hampir semuanya sudah ada logo halal.

5. Saus Hoisin

saus-hoisin

Nah, untuk makanan bakaran atau panggangan bisa juga nih merendamnya pakai saus hoisin. Kalau teriyaki akan memberikan cita rasa gurih, saus hoisin akan memberikan rasa pedas manis. Soalnya saus ini terbuat dari cabai merah, bawang putih, cuka, dan pasta kedelai. Saus hoisin biasanya ada di supermarket-supermarket besar.

6. Saus Mayones

mayonise

 

Kalian pasti sudah familiar ya dengan saus yang satu ini. Mayones banyak digunakan untuk tambahan sandwich, salad, atau pasta. Bahan utamanya adalah minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Biasanya bagian telur yang digunakan adalah bagian kuningnya saja. Selain itu ada pula yang menggunakan tambahan lemon atau mustard untuk menambah unik cita rasanya.

Itulah aneka kecap dan saus yang bisa kamu temukan di supermarket dan ragam kegunaannya untuk masakan kamu, ladies. Kalau saya sendiri di rumah, menyediakan hampir semua kecap dan saus di atas. Soalnya tidak bisa dipungkiri, semakin beragam dan lengkap bumbu yang digunakan, akan semakin enak hasil masakannya. Pesan penting ya, jangan lupa untuk memastikan tanggal kadaluarsanya saat membeli ya, ladies. Selamat melengkapi koleksi saus dan kecap!