Penulis: Emy.E

Kebiasaan sarapan tentu menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum menjalani rutinitas sehari-hari. Nah, menu apa yang paling kamu suka untuk sarapan di pagi hari? Ingat ya, menu sarapan sehat penting untuk kamu konsumsi agar tubuh tetap fit saat beraktifitas.  

Untuk sarapan, kamu bisa memilih telur sebagai menu sehat. Tapi nggak mau juga kan setiap hari makan telur rebus atau telur mata sapi yang rasanya standar? Bagaimana kalau kamu coba scrambled egg yang lezat? Kamu juga bisa kok membuat scrambled egg dengan variasi yang cukup beragam agar lidah tidak bosan dengan rasa yang sama. Langsung saja yuk, kita simak bagaimana tips & trick membuat scrambled egg terlezat sekaligus variasinya.

Bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk membuat scrambled egg

Untuk membuat scrambled egg, bahan yang diperlukan antara lain telur, susu, black pepper atau white pepper, garam, dan butter. Ingat ya, susu dan butter merupakan dua bahan wajib yang harus ada, untuk menghasilkan scrambled egg yang moist dan lezat layaknya yang tersaji di restoran.

Tips & trick membuat scrambled egg

Kamu mungkin sering bertanya-tanya dalam hati, kenapa ya scrambled egg yang disajikan di restoran cepat saji itu begitu menawan, dengan tampilannya yang menggoda. Kamu pasti tahu kalau menggoreng telur itu memang susah-susah gampang, kadang bagus kadang berantakan, seringnya apa adanya langsung saja dilahap. Nah, supaya hasil scrambled egg yang kamu buat bisa tampil cantik dan menggiurkan, coba deh ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Selalu gunakan wajan anti lengket seperti wajan teflon agar telur tidak mudah gosong dan lengket di wajan.
  2. Jika kamu ingin warna kuning cerah pada scrambled egg yang kamu buat, masaklah dengan waktu yang super singkat. Oh iya, proses mengocok telur juga bisa berpengaruh pada hasil akhir lho, idealnya adonan telur yang dikocok tidak perlu sampai berbuih ya.
  3. Jika sudah terlihat matang langsung saja diangkat. Jangan dibiarkan terlalu lama di atas wajan karena proses pematangan akan terus berlangsung sehingga membuat scrambled egg-mu keras dan kering.

Variasi scrambled egg untuk sarapan sehat

Ada banyak variasi scrambled egg yang bisa kamu coba untuk menu sarapan kamu, biar nggak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Kamu bisa menambahkan bahan lain yang kamu sukai ke dalam adonan telur, seperti misalnya bawang bombay, paprika, jamur cincang, keju, daging atau sosis. Kamu bisa memasak bahan tambahan tersebut lebih dulu sebelum memasukkan adonan telur ke dalam wajan. Pokoknya kamu bebas berkreasi dengan ide  scrambled egg ala kamu.  

Semua orang bisa membuat scrambled egg yang lezat seperti yang disajikan di restoran. Yang perlu dilakukan adalah menerapkan teknik memasak yang benar, menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, dan penggunaan teflon anti lengket untuk hasil scrambled egg terbaik.

Resep simpel dan mudah membuat scrambled egg 

Untuk membuat scrambled egg caranya cukup mudah kok. Kamu bisa siapkan bahan-bahannya seperti berikut.

  • 4 butir telur
  • ¼ cangkir susu
  • Garam dan merica secukupnya sesuai selera
  • 1 sendok teh butter atau mentega

Cara memasak:

  1. Telur dan bahan lain seperti susu, garam dan merica dikocok sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Mentega dipanaskan di wajan dengan api sedang kemudian tuang adonan telur ke dalam wajan. Kecilkan apinya.
  3. Jika adonan telur sudah agak mengeras kamu bisa langsung mengaduk dan mengorak-ariknya, pastikan telur matang merata ya.
  4. Jika sudah matang, angkat dan siap untuk disajikan.

Oh ya, kamu juga bisa memodifikasi resepnya, misalnya dengan hanya menggunakan 2 butir telur saja. Maka bahan-bahan lainnya tinggal disesuaikan ya.