Penulis: Ria.C

Proses persiapan alias potong memotong bahan menurut saya adalah hal yang paling penting ketika mengawali proses memasak. Oleh sebab itu, alas potong atau cutting board atau yang biasa kita sebut dengan talenan ini, penting sekali fungsinya. Hampir semua yang senang beraktifitas di dapur, selalu membutuhkan alat ini. Well kecuali bagi yang pemalas ya, alias malas membersihkan banyak cucian kotor di dapurnya. Simak hal-hal di bawah ini mengenai talenan yang bakal menambah pengetahuan kamu atau membuatmu yakin ketika akan membeli sebuah talenan.

1. Keringkan talenanmu

Kebanyakan teman-teman disini pasti memiliki talenan kayu dong, malahan mungkin satu-satunya talenan yang ada di rumah. Setiap sehabis digunakan dan dicuci, talenan kayu ini harus aka wajib banget buat kamu keringkan dengan lap bersih, atau lap fiber yang bisa menyerap air. Bahan kayu ini berpori-pori sehingga apabila hanya kamu taruh dan tiriskan setelah dicuci, airnya akan masuk ke bahan kayu. Sehingga akan talenanmu akan cepat berjamur. Sama halnya dengan jangan merendam talenan kayu sebelum dicuci ataupun membiarkan talenan kayu terkena air dalam waktu lama ya.

2. Gunakan talenan plastik terpisah, khusus untuk mengolah daging mentah

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang antar bahan makanan, terutama dari daging mentah ke bahan makanan lainnya. Mengapa plastik? Karena bahan plastik ini tidak berpori sehingga lebih mudah dibersihkan. Selain itu talenan ini juga bisa masuk ke dalam alat pencuci piring. Kalau menggunakan di rumah aja sih.

3. Taruh kain lap sebagai alas talenan supaya anti-slip

Talenan kamu suka licin-licin dan slip ketika digunakan? Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada talenan plastik apabila digunakan untuk memotong bahan-bahan yang besar dan keras. Coba deh taruh kain lap di bawah talenanmu. Dijamin talenanmu bakal stay anteng di tempat ketika digunakan. Tips ini juga manjur banget lho buat kamu yang hobi nguleg sambel namun cobeknya suka meronta-ronta dan berisik ketika dipakai (baca artikelnya mengenai jenis-jenis cobek di sini)

4. Ganti talenanmu yang sudah banyak bergores bekas pisau

Buat kamu yang sering beraksi di dapur bak seorang ninja, sudah tidak asing lagi dong dengan talenan penuh goresan, baik di talenan kayu ataupun plastik. Tahukah kamu bahwa goresan ini berpotensi menjadi tempat hidup bakteri lho karena kotoran atau sisa makanan akan ngumpul dan sulit dibersihkan dengan pembersihan biasa. Oleh sebab itu, cek yuk talenan di rumah dan ganti apabila sudah penuh goresan dan tidak layak. Gak mahal inih!

Yang terpenting dari semuanya yaitu kebersihan. Jangan malas membersihkan yah! Apalagi talenan ini bakal sering dipakai dan digunakan dalam proses memasak. Pemisahan talenan penting juga lho, untuk bahan daging mentah dengan sayuran/ buah dan juga untuk makanan matang/ setengah matang dengan makanan mentah. Jadi minimal di dapur kamu harus punya dua talenan. Jika belum ada sekarang, pastikan dicuci dulu ya sebelum berganti untuk memotong bahan yang lain. Selain itu ganti talenanmu secara berkala terutama bila sudah tidak layak. Ingat ini talenan ya, bukan prasasti yang kudu diawetkan.