Penulis: Ria.C

Siapa yang setuju dengan anggapan bahwa nasi goreng adalah menu ideal untuk sarapan? Berbeda halnya dengan anggota keluarga saya yang lain, yang lebih sering menjadikan nasi goreng sebagai penyelamat lapar di malam hari, bahkan dini hari. Well, tidak bisa dipungkiri sih, kita bisa mendapati nasi goreng kapan saja dan dimana saja, termasuk di dapur kamu sendiri. Alias bisa dimasak seketika karena bahan-bahannya simpel dan mudah membuatnya.

Nasi goreng juga telah menjadi ikon kuliner khas Indonesia yang telah melanglang buana loh. Kalau istilah di dunia entertainmen adalah go international! Baru bulan lalu nih ada kejadian fenomenal yang sedikit banyak memancing perang kata-kata antar para netizen. Seorang pesepak bola asing yang sedang stay di Singapura mengunggah foto nasi goreng sarapannya di hotel hari itu, dengan tagar singapura. Ya tak bisa dielakkan lagi deh, netizen Indonesia mulai membanjiri section comment-nya di instagram dan mencoba mengklarifikasi hal tersebut. Hal itu pun memancing reaksi netizen internasional lainnya dengan menganggap bahwa netizen Indonesia terlalu berlebihan. Well we should proud about that right? Bangga tentang nasi gorengnya sih, bukan keahlian perang di dunia maya-nya yah.

Sekarang saatnya ResepKoki ingin berbagi mengenai tips memasak nasi goreng. Mengingat hampir semua orang Indonesia, pria-wanita, remaja-dewasa-orang tua, pasti bisa atau sering menyajikan menu yang satu ini. Resepnya memang simple sih dan bisa dikreasikan sesuka hati, bahkan bisa juga menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Namun dengan beberapa tips jitu berikut, nasi goreng yang sederhana sekalipun, rasanya bakal lebih nendang dan maknyus dari biasanya!

1. Nasi putih

white-rice

Mau tahu kenapa nasi goreng yang disajikan di hotel itu enak banget? Selain karena mereka selalu menyajikannya fresh alias dimasak ketika baru di-order, ternyata mereka menggunakan jenis nasi putih khusus! Berbeda dengan nasi putih yang digunakan untuk sajian lainnya, mereka selalu menyiapkan nasi putih matang, khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Sehingga apabila digoreng, nasinya tidak akan lembek dan saling menempel satu sama lainnya. Bahasa jawanya, ngepyur. Jenis nasi ini juga hampir sama dengan nasi yang digunakan di rumah makan padang.

Nah buat teman-teman di rumah, tidak perlu seribet itu. Kamu cukup menggunakan nasi putih sisa kemarin. Atau kamu juga bisa memasukkan nasi putih yang hendak kamu goreng, ke dalam kulkas dan diamkan minimal selama 1-2 jam (bisa hingga semalaman) sebelum dieksekusi. Penasaran kan dengan hasilnya, langsung yuk dicoba. Semoga rasanya beneran mirip yah seperti nasgor bikinan chef di hotel.

Coba nasi goreng khas Indonesia yang penuh rempah ini: Nasi Goreng Aceh.

2. Bumbu

spices

Bumbu memang ga bisa dipaksakan sih karena nasi goreng yang sering tersaji di rumah itu biasanya adalah food emergency 101 alias usaha penyelamatan nasi putih sisa kemarin. Hayoo ngaku siapa yang sering begini? Suatu waktu, beberapa dari kita pasti juga ingin dong menyajikan sajian istimewa yang berbeda, sekaligus mengasah skill di dapur. Nah, tips berikut bisa kamu coba nih untuk kamu yang ingin menyajikan yang wah dan berbeda.

Ada dua jenis nasi goreng utama yaitu nasi goreng jawa (kampung) dan nasi goreng chinese (oriental). Keduanya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan kekhasan masing-masing. Selain kecap manis dan saus sambal yang wajib digunakan, nasi goreng jawa biasanya menggunakan ebi, terasi, dan kemiri sehingga menghasilkan cita rasa khas dan warna yang cenderung gelap.

Sementara nasi goreng oriental memadukan bumbu dari aneka saus seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minyak wijen sehingga cita rasanya menjadi unik dan berwarna lebih terang. Namun saat ini banyak juga yang memadukan keduanya dalam hal penggunaan bumbu-bumbunya. Jadi kamu mau menyajikan style yang mana nih? Dua-duanya enak!

Bisa langsung dicoba dengan resep ini: Nasi Goreng Jawa (Kampung) & Nasi Goreng Oriental.

3. Teknik memasak (api kompor)

stove

Rahasia lainnya mengapa nasi goreng yang dijual di luar rumah (hotel, restoran, atau kaki lima) itu lebih enak yaitu terletak pada jenis kompor yang digunakan. Sudah menjadi ketentuan umum bahwa kompor digunakan adalah kompor high pressure, sehingga proses pemasakan akan lebih cepat dan matang sempurna, serta tetap mempertahankan tekstur asli makanan. Kalo kamu perhatikan abang-abang nasi goreng langganan, kompornya itu memiliki api yang sangat besar dan cukup berisik jika menyala, nah itulah yang disebut dengan kompor high pressure, sudah ngeh kan sekarang?

Lalu buat kita dirumah gimana dong? Ada tipsnya juga. Setelah menumis bumbu nasi goreng hingga matang, kecilkan api kompor kamu dan masukkan nasi putihnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur merata, baru kemudian besarkan apinya hingga maksimal dan terus aduk nasinya supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan atau gosong. Lakukan tahap ini sebentar saja cukup 2-3 menit. Lalu teteskan sedikit minyak wijen dan beri taburan bawang putih cincang goreng, untuk style nasgor oriental. Angkat dan sajikan langsung ya. Pasti enak!

Coba nasi goreng fenomenal yang menjadi favorit di ala kaki lima: Nasi Goreng Kambing.

4. Isian atau topping

topping

Nah ini nih yang terkadang membuat subjektifitas kita luntur ketika menilai kelezatan nasi goreng. Nasi goreng dengan extra topping seperti udang, seafood, cumi, bakso yang melimpah pasti akan membuatmu bertekuk lutut dan melahap dengan ganas. Sementara jika nasi gorengnya hanya dihiasi dengan potongan sosis dan bakso, kamu biasanya hanya akan memandangnya sebelah mata. Jadi nasi goreng lezat dan ideal adalah nasi goreng dengan isian seafood, segala daging, segala bakso, segala sosis, telur mata sapi atau dadar, serta kerupuk udang. Jadi begitukah teman-teman? Wah nasinya justru gak keliatan nih saking banyak toppingnya.

Coba nasi goreng dengan cita rasa khas Indonesia: Nasi Goreng Pete & Nasi Goreng Teri.

Yup, itulah beberapa tips sederhana dan gampang diikuti, yang akan mengubah nasi goreng biasamu menjadi lebih lazis dan maknyus. Dicoba yuk dan tinggalkan comment ya dibawah ini bagaimana hasilnya.