(Image: Shutterstock)

Penulis: Selly.J

Omega 3 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Oleh karenanya kita harus mendapatkan nutrisi ini dari makanan. Mengapa penting? Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan berbagai fungsi tubuh. Salah satunya yaitu menekan jumlah lemak jenuh dalam tubuh kita seperti kolesterol, sehingga meminimalisir risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, untuk anak dan remaja, omega 3 ini juga mampu meningkatkan kecerdasan otak dan nafsu makan sehingga mengoptimalkan masa pertumbuhan.

Ketika membahas mengenai makanan yang menjadi sumber omega 3, kebanyakan dari kita akan menghubungkannya dengan ikan laut. Hal itu memang benar namun ternyata ikan air tawar pun juga mengandung omega 3 lho. Bukan hanya di daging ikan, nutrisi ini juga banyak terkandung dalam minyaknya. Namun banyak orang, terutama anak dan remaja, enggan mengonsumsinya dikarenakan cita rasanya yang amis dan banyak terdapat duri. Oleh karena itu, saat ini kamu bisa menemui berbagai macam suplemen kapsul minyak ikan yang diproduksi dan dijual bebas.

Meskipun omega 3 sangat bermanfaat, ternyata tidak semua orang bisa mengonsumsi ikan, contohnya adalah vegan dan vegetarian. Vegan adalah seseorang yang menghindari konsumsi hewan dan produk olahannya. Sementara itu, vegetarian adalah seseorang yang sudah menghindari konsumsi hewan namun masih bisa mengonsumsi susu dan telur beserta produk olahannya. Kemudian bagaimana asupan omega 3 bagi vegan dan vegetarian ini? Ternyata ada juga sumber makanan nabati yang kaya akan omega 3 lho, apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Sayuran hijau

vegetables

Sayuran hijau seperti bayam, kembang kol, dan brokoli ternyata juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Wah berarti kamu yang suka makan sayur-sayuran jenis ini beruntung banget ya. Oh iya, selain dimasak, sayuran hijau juga bisa kita jadikan jus loh. Selain menyehatkan, minum jus di pagi hari pastinya membuat kita lebih segar.

2. Kacang-kacangan

nuts

Kacang secara umum adalah salah satu sumber protein nabati. Makanya kita yang anak gym pasti sering disaranin untuk mengonsumsi kacang untuk membentuk otot. Nah tapi ternyata, nutrisi kacang tidak hanya sampai di situ saja. Kacang-kacangan seperti kacang merah, walnut atau yang lebih dikenal sebagai kacang kenari, dan kedelai ternyata memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi juga. Dan ternyata, makanan olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga bisa dijadikan solusi untuk kebutuhan omega 3 kita.

3. Minyak nabati

cooking-oil

Selain sayur dan kacang, kebutuhan omega 3 juga bisa dipenuhi melalui minyak nabati. Beberapa minyak nabati yang kaya akan kandungan omega 3 adalah minyak canola, minyak zaitun, dan minyak biji rami. Selain mengandung omega 3, minyak-minyak ini juga dapat mengurangi kolesterol loh. Minyak canola dan minyak biji rami bisa dijadikan pengganti minyak goreng. Sementara minyak zaitun dapat kita gunakan untuk menumis.

4. Buah-buahan

fruits

Ternyata beberapa jenis buah juga bisa dijadikan sumber omega 3 untuk para vegan. Buah-buahan yang dapat dicoba adalah melon, mangga, dan buah berry seperti strawberry, blackberry, dan blueberry.

Nah, itulah sumber makanan nabati yang mengandung omega 3. Tanpa kita sadari, ternyata kita bisa menemukan banyak omega 3 ya pada makanan sehari-hari kita.