(Image: Getty Images)

Penulis: Selly.J


Walau menikmati makanan mentah atau eat raw food sudah menjadi tren baru bagi sebagian orang, tapi tahukah kamu bahwa beberapa jenis makanan justru meningkat nilai gizinya setelah dimasak.


Makan sayur tentunya merupakan salah satu cara agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Kebutuhan serat dan vitamin yang terdapat pada sayur tidak hanya dapat menangkal penyakit, tetapi juga baik untuk pencernaan kita loh. Selain itu, sayur juga baik untuk merawat kulit kita yang setiap harinya terancam dengan polusi dan radikal bebas.

Terdapat dua jenis cara mengonsumsi sayur. Pertama, kita dapat mengolah sayur menjadi masakan yang lezat seperti cah cangkung, tumis bayam, dan sayur sop. Kedua, kita dapat mengonsumsi langsung sayuran mentah tersebut. Beberapa contoh sajian sayuran mentah yang dapat kita temukan pada kuliner khas Indonesia adalah lalap dan trancam. Sementara itu, bagi kamu pecinta western food, tentu familiar dong dengan sajian salad.

Menurut kamu, cara manakah yang paling baik untuk mengonsumsi sayuran?

Jika kamu menganggap bahwa mengonsumsi sayuran mentah adalah yang terbaik, maka hal itu ada benarnya. Memang betul bahwa mengonsumsi sayuran mentah (raw veggies) dapat mempertahankan nutrisi yang ada di dalam sayuran tersebut, terutama vitamin larut air dan nutrisi yang sensitif dengan panas akibat proses masak. Berikut adalah contoh sayuran yang lebih baik kamu konsumsi mentah.

  1. Brokoli
  2. Kembang kol
  3. Daun kol atau kubis
  4. Paprika
  5. Bayam

Eits, tapi jangan lupa pastikan sayuran mentahnya sudah kamu cuci bersih, super bersih ya, sebelum dikonsumsi. Akan lebih baik, jika kamu membeli sayuran yang organik atau hidroponik.

Tahukah kamu bahwa terdapat juga beberapa sayuran yang kandungan gizi tertentunya justru meningkat setelah dimasak? Selain itu, pemasakan juga akan membantu memecah struktur tubuh sayuran yang sebelumnya tidak bisa kita cerna. Oleh karenanya, kandungan gizi sayuran tersebut akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Wah menarik bukan? Apa saja sayuran yang sebaiknya kita masak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi?

  1. Wortel
  2. Tomat
  3. Asparagus
  4. Jamur

Oh ya, dua hal yang penting diperhatikan agar kamu tidak kehilangan terlalu banyak nutrisinya ketika dimasak yaitu lama waktu pemasakan dan teknik masak yang digunakan. Mengukus terbukti lebih baik dibandingkan teknik pemasakan yang lain, seperti merebus atau menumis. Selain meminimalisir kontak dengan air, waktu yang digunakan juga bakal lebih singkat. Noted ya.

Perdebatan akan hal ini sudah berlangsung sejak lama lho hingga sekarang. Bukti-bukti ilmiah juga semakin hari semakin banyak dikeluarkan di kedua pihak pendukungnya. Kamu pendukung dan ‘penganut’ yang mana nih? Pada dasarnya, pilihlah mana lebih kamu suka dan yang bakal membuat kamu makan sayur lebih banyak ya.