Penulis: Selly.J

Ikan teri basah merupakan salah satu jenis ikan yang populer di negara-negara asia seperti Malaysia dan Indonesia. Di Malaysia, ikan teri basah dikenal dengan sebutan ikan bilis. Di sana, ikan teri basah biasanya diolah menjadi jadi salah satu lauk untuk hidangan nasi lemak, misalnya sebagai sambal tumis atau sekedar digoreng. Sementara di Indonesia, ikan teri basah dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti pepes teri, bakwan teri, dan teri goreng tepung.

Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil, nutrisi yang terdapat pada ikan teri basah tidak kalah loh dibandingkan ikan pada umumnya. Tetapi, kebanyakan dari kita telah ‘memotong‘ sumber nutrisi tersebut. Biasanya karena alasan agar lebih mudah dikunyah, kita memilih untuk menyantap ikan teri basah yang tulang dan kepalanya sudah dihilangkan. Cara tersebut memang merupakan cara menyantap ikan pada umumnya. Akan tetapi mulai sekarang kita sebaiknya tidak menyamakan ikan teri basah dengan ikan yang berukuran lebih besar lainnya. Wah sebenarnya mengapa ya kepala dan tulang pada ikan teri basah ini penting untuk juga dikonsumsi?

1. Membantu sistem kekebalan tubuh

Nah ternyata ikan teri basah merupakan salah satu sumber protein hewani yang bahkan mampu menggantikan susu, telur, ataupun daging. Kabar baiknya, kadar protein itu paling banyak terdapat di bagian kepala ikan tersebut. Wah bisa dibayangkan bukan nutrisi yang kebuang jika kita membuang kepala ikan teri basah ini?

2. Merawat kesehatan tulang dan gigi

Tulang pada ikan teri basah mengandung mineral yakni flour, fosfor, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang gigi kita. Flour yang menempel pada lapisan gigi mampu meminimalisir risiko gigi berlubang. Sementara itu, asupan kalsium yang cukup akan mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang kita. Juga bagi kamu yang sedang hamil, fosfor ternyata baik lho bagi perkembangan janin. Jadi jangan meremehkan tulang pada ikan teri basah ini ya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata omega 3 tidak hanya terdapat pada ikan yang berukuran besar saja lho. Ikan teri basah juga tinggi kandungan omega 3. Seperti yang kita tahu, omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk jantung karena mampu menghambat penggumpalan darah yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Nah itu tadi adalah alasan mengapa kita sebaiknya mengonsumsi seluruh bagian dari ikan teri basah termasuk kepala dan tulangnya. Kebayang dong bagaimana sebuah kebiasaan kecil memiliki dampak yang besar. Jadi mulai sekarang biasakan untuk selalu mengonsumsi ikan teri basah utuh ya. Karena lunak dan mudah dikunyah, tulang dan kepalanya tidak akan nyangkut di leher kita kok.