Olahan makanan penutup atau dessert yang lezat dari buah rambutan.


Hayo siapa yang gak tahu buah berwarna merah dengan rambut-rambut di sekeliling kulitnya? Betul sekali, rambutan namanya. Rambutan merupakan  salah satu buah yang berada di daerah tropis seperti Indonesia. Buah musiman dengan rasa yang manis dan segar ini bisa bikin kamu ketagihan lho. Selain enak untuk dimakan langsung, ternyata rambutan juga bisa jadi lebih nikmat kalau kita kreasikan menjadi aneka makanan penutup yang lezat. Mau tau kreasi olahan lezat apa aja yang mudah untuk dibuat dan enak rasanya? Cuss~ kita simak artikel berikut ini.

1. Puding rambutan.

puding-rambutan
(Image: Tokomesin)

Kamu suka makanan yang manis manis? Bosen kan sama rasa puding yang itu-itu aja? Gak ada salahnya nih, nyobain puding rambutan. Cara buatnya mudah kok, cukup siapkan gula, agar-agar bubuk, daging buah rambutan dan susu cair. Setelah direbus sampai mendidih, masukan ke dalam cetakan sesuai selera kamu. Jangan lupa masukkan dulu ke dalam kulkas ya supaya dingin sehingga lebih nikmat ketika disantap. Brrr dan yummy!

2. Pie rambutan.

pie-rambutan
(Image: Eatme)

Makanan ini pas banget nih buat kamu yang penggemar aneka kue. Cara membuatnya cukup simple, kamu cuma perlu membuat adonan pie seperti biasa dari tepung terigu, margarin, dan kuning telur. Atau kamu juga bisa gunakan adonan dasar pie-nya dengan yang siap pakai (frozen), yang sudah banyak sekali dijual di supermarket. Untuk topingnya gunakan rambutan yang manis dengan tambahkan bahan lain sesuai selera, seperti buah kiwi atau anggur. Yumm!

3. Smoothies rambutan.

(Image: Cookingontheweekends)

Rambutan ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak lho. Cocok banget deh untuk dibuat smoothies. Siapkan saja rambutan yang sudah dipisahkan dari bijinya, susu, dan es batu. Kamu tinggal blender deh semua bahannya, seger! Kamu bisa variasikan smoothies ini dengan strawberry atau buah lain supaya makin nikmat dan sehat tentunya.

4. Es buah rambutan.

es-buah-rambutan
(Image: Npicom)

Es buah ini cukup berbeda sama yang lainnya nih. Kalau biasanya kamu pakai melon, jambu, alpukat dan buah lainnya, es buah yang ini juga menggunakan tambahan buah rambutan! Untuk membuatnya gampang, campur buah-buahan sesuai selera dan daging buah rambutan tentunya, gula pasir, air, dan es batu. Agar semakin unik, kamu bisa tambahkan daging kelapa muda pada es buah yang manis ini. Hmm, enak!

5. Rambutan goreng.

rambutan-goreng
(Image: Fahmi)

Wih, yang satu ini aneh dan unik ya? Apa ga aneh rasanya kalo buah berair ini digoreng dalam minyak? Eits, jangan salah ya. ternyata ini adalah kuliner khas daerah Jambi loh. Sebelum diolah, buah rambutan ini harus dipisahkan antara daging dan biji, kemudian dagingnya diiris dan dikeringkan hingga benar-benar kering. Baru sesudahnya daging buah tersebut dibalut dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu, garam, air, vanili, dan telur. Goreng deh ke dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Rambutan goreng siap disantap!

6. Rambutan sorbet.

rambutan-sorbet
(Image: Melissas)

Kalau ini sih gak jauh berbeda dengan es krim. Cara buatnya juga mudah, tinggal haluskan rambutan, tambahkan perasan jeruk lemon. Lalu tinggal kamu masukkan ke freezer supaya beku. Setelah beku, hancurkan lagi menggunakan garpu supaya lebih halus. Bekukan kembali dan tambahkan daging buahrambutan segar, jadi deh rambutan sorbet!

Jadi sudah cukup ngiler belum? Pasti sambil baca, sudah sekalian pilih mau coba yang mana kan? Ayo yuk langsung dieksekusi!