(Image: Shutterstock)

Kamu penyuka tomat, suka juga dengan jus tomat, atau paling doyan bikin saus tomat homemade sendiri? Pastinya kamu hepi banget ya kalau harga tomat lagi murah-murahnya, dan pinginnya stok tomat dalam jumlah yang banyak buat persediaan. Selain harganya relatif murah, semua pasti sudah tahu kalau buah bercita rasa asam manis ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kan?

Nah, kamu juga pasti tahu kalau tomat termasuk jenis buah yang tidak awet kalau disimpan lama alias mudah busuk. Ngak mau kan, stok tomat kamu yang ekstra banyak mubadzir begitu saja gara-gara membusuk tanpa bisa kamu cegah? Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan bagaimana tips menyimpan tomat agar tetap segar dan awet. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Stop simpan tomat di kulkas.

Jika kamu berpikir dengan menyimpan tomat di kulkas maka masalahmu beres, wah ada yang perlu diluruskan nih.  Dengan menyiman tomat di kulkas, hal itu justru akan merusak kualitas tomat, baik warna, tekstur maupun rasanya sehingga membuat tomat menjadi lebih cepat busuk. Boleh lah kalau menyimpan tomat di kulkas sebentar saja karena ingin mengkonsumsinya pas dingin. Tapi kalau disimpan terlalu lama buat persediaan, maka hal itu bukan cara yang tepat.

2. Simpan tomat di suhu ruangan.

Salah satu cara menyimpan tomat agar tetap segar dan awet adalah dengan menyimpannya dalam suhu ruangan. Hal ini dikarenakan tomat merupakan tumbuhan iklim hangat. Sehingga dengan menempatkannya pada suhu ruangan, hal itu akan membuatnya tetap awet.  Kamu bisa meletakkannya pada wadah yang terbuka dan jangan lupa untuk melapisi bagian bawahnya dengan kertas untuk menjaga suhu di dalam wadah tetap stabil.

3. Tangkai hijau pada tomat jangan dibuang.

Sering kan mendapati tomat yang masih ada tangkai hijaunya. Nah kamu tidak perlu membuang tangkai tersebut karena ternyata ia bisa memperlambat kematangan tomat dan mencegahnya agar tidak mudah busuk. Saat kamu menghilangkan tangkainya, bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam tomat sehingga resiko tomat lebih mudah busuk pun tidak bisa dihindari.  Selain itu kamu juga bisa menutup rapat bagian ujung tangkai dengan isolasi, cara ini akan menghambat proses pematangan tomat. Sederhana namun unik bukan?

4. Simpan tomat dengan posisi terbalik.

Meski terlihat sepele, namun cara menyimpan tomat dengan posisi terbalik cukup efektif lho untuk membuat tomat tetap segar dan awet. Dengan menyimpan tomat dalam posisi terbalik, yaitu pangkal buah berada di bawah, hal itu akan mengurangi proses oksidasi sehingga tomat terlindung dari udara di sekitarnya. Jangan lupa untuk menempatkannya pada wadah atau tempat yang terbuka, karena ternyata tomat sendiri mampu menghasilkan suhu hangat di sekitarnya secara alami. Hal yang lebih menarik adalah bahwa tomat juga bisa membantu proses pematangan beberapa jenis buah lainnya, apabila ditaruh berdekatan atau dalam wadah yang sama. Wah, unik sekali ya.

Beberapa cara menyimpan tomat tersebut bisa kamu lakukan agar persediaan tomat kamu tetap segar dan awet. Untuk lebih praktisnya jika kamu membeli tomat dalam jumlah yang banyak, sebaiknya pilih yang belum matang karena nanti ia akan matang sendiri, dengan begitu tomat sudah matang ketika kamu membutuhkan dan nutrisinya pun tetap terjaga. So simple!