Salah teknik pemotongan atau pengambilan daging buah alpukat bisa membuat daging buahmu menjadi berwarna kecoklatan dan benyek tak berbentuk lho.


Siapa yang tak mengenal buah alpukat? Buah bewarna hijau yang berasal dari Meksiko ini memiliki rasa yang unik bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Rasanya yang unik membuat alpukat sering dilirik oleh para chef juga ibu-ibu untuk digunakan di dapur. Kini buah alpukat tidak hanya dikonsumsi secara langsung tapi juga mulai disajikan dalam berbagai macam bentuk seperti jus, smoothie, puding, es buah hingga salad.

Karena alpukat bukan buah yang langka dan harganya sangat terjangkau, kamu pasti pernah membeli dan melakukan pengupasan sendiri kan. Hmmm, tapi kok ada rasa pahit dari buah alpukat yang kamu kerok ya? Bahkan terkadang, hasil pemotongan buah alpukat kamu juga tidak rapi dan rusak di tangan. Wah, baik rasa dan bentuknya sudah gak oke nih. Pemotongan yang tidak rapi dan rasa pahit tersebut ternyata timbul karena cara potong kamu yang salah. Yuk, mari kita intip 4 tips berikut untuk mendapatkan daging buah alpukat yang cantik.

1. Jangan kupas kulit alpukat kamu.

cut-avocado
(Image: Bonappetit)

Kulit alpukat memang bisa dikupas dengan pisau (sama seperti saat kita mengupas kulit mangga), tapi ada baiknya jangan mengupas kulit alpukatnya. Kalau kamu mengupas kulit alpukat dan melakukan pemotongan, tanganmu akan dengan mudah merusak buah alpukat tersebut. Akibatnya, hasil buah alpukat yang sudah dipotong menjadi tidak rapi, lengket di tangan dan tentu saja banyak alpukat yang tersisa di kulit yang ikut terbuang.

2. Potong alpukat dalam posisi berdiri.

cut-in-half-avocado
(Image: Simplyrecipes)

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan rapi, lakukan pemotongan buah alpukat menjadi dua bagian memanjang. Caranya mudah, potong buah alpukat secara melintang dalam posisi berdiri. Kamu akan mendapatkan dua bagian alpukat yang salah satunya masih memiliki biji alpukat.

3. Gunakan pangkal pisau untuk membuang biji.

middle-avocado
(Image: Healthyezrecipes)

Biji alpukat memang sukar untuk dikeluarkan. Penanganan yang salah saat melakukan pembuangan biji dapat menyebabkan buah alpukat berubah menjadi warna kecokelatan. Oleh karena itu, tusukkan pangkal pisau kamu (dekat dengan pegangan pisau) ke biji alpukat kemudian tarik perlahan untuk membuangnya.

4. Mengambil daging buah alpukat.

peel-avocardo
(Image: Simplyrecipes)

Untuk mendapatkan daging buah alpukat yang maksimal dan tidak ada rasa pahit, pertama-tama lakukan pola goresan terhadap daging buah secara vertikal atau horizontal. Lakukan penggoresan hanya pada bagian dagingnya saja ya, jangan sampai ada kulit alpukat yang ikut terpotong. Setelah mendapatkan pola goresan, kerok perlahan buah alpukat kamu dengan sendok. Pastikan juga proses pengerokan tidak terlalu dalam hingga mengenai kulitnya. Langkah terakhir, balik sendoknya dan keluarkan buah alpukat kamu di atas talenan kemudian potong sesuai selera.

Mudah banget kan? Yuk, segera praktekan di dapur kamu. Jangan lupa untuk share info ini ke teman-temanmu yang lain ya! Siapa tahu mereka juga perlu akan hal ini.

 

 

 

4 Tips ketika Mengambil Daging Buah Alpukat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)