Daun merupakan salah satu pembungkus makanan alami yang banyak digunakan untuk masakan. Selain lebih bagus untuk tubuh, daun pun bisa jadi penambah aroma dalam masakan kamu. Bentuk daun pun berbeda-beda, ada yang tipis, tebal, lebar, bulat, atau elips. Namun perlu diingat ya bahwa gak semua daun bisa dijadikan pembungkus makanan. Sebab ada beberapa daun tumbuhan yang punya kandungan beracun jika digabung dengan makanan. Yuk cari tahu di bawah ini daun apa saja yang bisa kamu jadikan pembungkus makanan.

1. Daun pisang.

daun-pisang
(Image: Thaionline)

Nah kalau yang ini pasti sudah sering kamu gunakan atau lihat. Selain mudah digunakan, daun pisang juga gampang dicari. Kalau kamu mau agar daun pisang semakin kuat dan elastis saat digunakan, kamu bisa memanaskannya terlebih dahulu sampai layu. Memanaskannya bisa dengan cara dimasukkan ke dalam oven, microwave, atau dengan ditaruh di atas api kompor, namun jangan sampai terbakar ya. Daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus lemper, tempe, nasi bakar, atau klepon. Eits tapi gak semua daun pisang bisa kamu jadikan pembungkus makanan ya. Jenis daun pisang yang bisa kamu gunakan adalah pisang raja, pisang batu, dan pisang kapok. Kalau kamu ‘bandel’ masih menggunakan jenis daun pisang lain, makanan kamu malah akan jadi menghitam nantinya.

2. Daun kelapa.

ketupat
(Image: Tasteologie)

Ayo, siapa yang suka makan ketupat? Nah ketupat ini dibungkus oleh daun kelapa muda atau janur. Sebaiknya gunakan juga daun kelapa yang masih muda karena lebih elastis dan belum layu. Selain ketupat, ternyata daun kelapa juga bisa dijadikan pembungkus makanan lainnya seperti clorot, dumbeg (makanan khas Jawa Tengah), atau legondo (masakan khas Yogyakarta).

3. Daun bambu.

daun-bambu
(Image: Boekan)

Lain lagi dengan daun bambu. Kalau daun ini biasa digunakan untuk membungkus bakcang (ketan kukus dengan aneka isian khas Tiongkok). Sebelum menggunakannya sebagai pembungkus makanan, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu. Tunggu sampai daun dan bulu-bulu halusnya ikut layu ya, supaya daun bambu jadi lebih gampang saat digunakan untuk membungkus. Selain bakcang, daun bambu juga bisa kamu gunakan untuk membungkus tempe, lupis, atau kue gambir (dodol khas dari Bali).

4. Daun jati.

daun-jati
(Image: Khasiat)

Nasi bakar gak hanya bisa dibungkus daun pisang loh. Daun jati pun bisa jadi pembungkus nasi bakar. Makanan yang dibungkus menggunakan daun jati akan menghasilkan aroma yang sangat wangi dan terasa lebih enak. Daun jati pun bisa membuat makanan kamu jadi lebih awet (selengkap bisa kamu baca disini). Selain untuk nasi bakar, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur daun jati digunakan sebagai pembungkus tempe atau jenang. Saat memilih daun jati, sebaiknya kamu pilih yang masih muda ya karena lebih elastis dan gak gampang sobek.

5. Daun mangkok.

daun-mangkok
(Image: Kompasiana)

Well, sesuai namanya daun ini memang berbentuk mangkok sehingga sering juga disebut daun mangkokan. Daun mangkok ini bisa kamu temui di mana saja, mulai dari Sabang hingga Merauke. Namanya di tiap-tiap daerah juga beda-beda. Kalau di Sunda disebut mamanukan. Kalau di Papua disebut daun papeda. Kalau di Makassar disebut mangko-mangko. Selain berguna sebagai pembungkus, daun mangkok ini bisa menghilangkan bau amis di masakan, loh. Biasanya daun mangkok ini digunakan sebagai wadah bubur sagu, pepes, atau pecel. Kamu bisa memilih daun mangkok yang masih muda, segar, dan masih kelihatan urat-urat daunnya supaya aromanya lebih tajam.