(Image: Thinstock)


Refrigerator atau kulkas memang menjadi salah satu alat elektronik yang penting dan harus ada di setiap rumah. Namun seringkali aroma tak sedap didalamnya juga akan sangat mengganggu.


Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas atau lemari es memang akan membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Namun kamu pasti pernah mengalami masalah bau tak sedap dari dalam kulkas kan? Selain mengganggu, tahukah kamu bahwa bau tak sedap dari dalam kulkas ini bisa mencemari rasa dan aroma bahan makanan lainnya yang disimpan.

Kamu pastinya akan bertanya bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam kulkas.

1. Bersihkan kulkas secara teratur.

Terkadang banyaknya bahan makanan ataupun minuman yang tersimpan dalam kulkas membuat kamu menjadi malas membersihkan kulkas. Stop malas! Kebersihan kulkas merupakan poin penting loh agar tidak muncul bau tak sedap.

Berikan jadwal minimal satu kali setiap dua minggu untuk membersihkan kulkas. Semua bahan makanan yang terdapat di dalam kulkas juga harus dikeluarkan saat dibersihkan. Rak maupun sudut kulkas sebaiknya dibersihkan dengan baik sampai tidak ada noda bekas makanan.

Selain cukup dengan air sabun, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan berikut ketika membersihkan kulkas.

  • Cuka

Selain untuk memberikan cita rasa asam pada makanan, ternyata cuka juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau dari dalam kulkas. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan air hangat, selanjutnya gosokan ke seluruh dinding luar dan dalam kulkas menggunakan spons atau kain lap.

  • Garam

Garam yang merupakan salah satu penyedap rasa juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau dari dalam kulkas loh.  Kamu tinggal mencampurkan segenggam garam dalam satu ember air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk membersihkan seluruh bagian dalam kulkas menggunakan spons atau kain lap.

2. Berikan bahan penyedot bau ke dalam kulkas.

Selain harus rajin membersihkan kulkas, kamu juga bisa memasukkan bahan-bahan yang bisa menyedot bau. Ada beberapa bahan yang bisa menyedot bau tak sedap dari dalam kulkas.

  • Baking soda

Caranya yaitu kamu cukup menuangkan sekotak baking soda di atas nampan atau wadah kemudian masukan ke dalam kulkas. Tutup kulkas dan diamkan hingga baunya menghilang.

  • Bubuk kopi

Caranya pun sangat mudah, hampir sama seperti baking soda. Kamu tinggal menaruh bubuk kopi di piring kemudian taruh dalam kulkas dan diamkan hingga baunya hilang.

  • Kertas koran

Remas-remas kertas koran lalu semprotkan air dan letakkan ke dalam kulkas selama semalam. Dijamin keesokannya, bau di kulkas menjadi berkurang.

  • Arang

Taruh beberapa arang di mangkuk kemudian simpan ke dalam kulkas. Setting suhu kulkas ke arah minimum dan biarkan selama beberapa hari.

3. Masukan pengharum alami ke dalam kulkas.

Pengharum alami ini terbukti bisa menyegarkan aroma dalam kulkas. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengharum alami.

  • Vanili

Gunakan yang vanili cair ya. Sediakan kapas, kemudian basahi dengan vanili. Taruh ke dalam kukas kemudian diamkan selama 12 hingga 24 jam. Dijamin kulkas kamu akan mengeluarkan aroma yang segar sesudahnya.

  • Air Lemon

Masukan air lemon pada sebuah mangkuk ke freezer, setelah itu diamkan dalam kulkas selama 30 hingga 1 jam untuk mendapatkan aroma kulkas yang lebih segar.

Well, tips-tips tadi bisa dicoba untuk membuat kulkas kamu bebas dari bau tak sedap. Hal yang terpenting adalah yaitu jagalah kebersihan kulkas agar tak berbau dan juga tahan lama. Jadi bagi kamu yang sering malas-malasan untuk membersihkannya, ayo dimulai dari sekarang.