Tauco sudah dikenal luas penggunaannya dalam berbagai masakan namun banyak orang yang belum tahu pula mengenai seluk beluk tauco ini.


Ayo, siapa di sini yang senang memasak pakai tauco? Rasanya yang gurih dan aromanya yang khas itu punya cita rasa tersendiri, enak banget kalau digunakan sebagai bumbu masakan. Tauco merupakan bumbu masakan dari kacang kedelai yang difermentasi sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa dan aroma yang pas. Biasanya kita melihat tauco ada pada pilihan menu kangkung atau sambal. Tapi, sebenarnya apa sih tauco itu dan bagaimana cara membuatnya? Yuk coba kita telusuri lebih dalam di sini.

1. Jenis kacang kedelai yang dipakai. 

Secara umum, ada tiga jenis kedelai yang digunakan di Indonesia, yakni kedelai kuning atau putih, hitam, dan hijau. Nah di Indonesia, tauco dibuat dari kedelai kuning atau putih. Kalau di negara lain seperti Jepang misalnya, tauco dibuat dengan kedelai hitam.

2. Jenis-jenis tauco.

Kamu tahu, ternyata tauco juga punya dua jenis, yakni tauco basah dan tauco kering. Selain itu, tauco juga punya dua rasa yakni tauco manis dan tauco asin. Perbedaan jenis-jenis tauco ini terletak pada jumlah air dan gula yang digunakan saat proses pembuatannya.

Jangan salah juga, ternyata di Indonesia pun ada banyak tauco dibedakan dari daerahnya. Ada tauco Cianjur, tauco Medan, tauco Pekalongan, dan lain-lain. Tiap daerah ini punya ciri khas tersendiri loh. Misalnya untuk proses pembuatannya atau digunakan untuk masakan apa. Jadi, memang gak bisa disamakan karena tauco di setiap daerah punya keunikan masing-masing.

3. Cara membuat tauco.

Proses membuat tauco sendiri mirip dengan proses membuat kecap. Kalau kecap diambil dari sari kedelai yang sudah difermentasi. Sedangkan tauco diambil dari biji kedelai yang sudah difermentasi lalu diolah lagi dengan tambahan bumbu-bumbu. Biji kedelai direbus, ditiriskan, diberi tambahan ragi, lalu difermentasi. Fermentasi sendiri merupakan proses di mana biji kedelai yang sudah diolah ini dibiarkan hingga tumbuh jamur. Lalu, setelah itu tauco akan direndam dalam larutan garam. Proses inilah yang membuat tauco menjadi gurih sekali hingga sering disebut sebagai MSG alami.

4. Bumbu-bumbu sejenis tauco.

Nah, ternyata tauco juga punya kembaran, ladies. Ada beberapa bumbu-bumbu sejenis di seluruh dunia yang mirip dengan tauco. Misalnya, di China ada yang namanya taosi. Taosi ini terbuat dari kedelai hitam, bukan kedelai kuning. Kalau kamu senang masakan Jepang, kamu pasti tahu miso, kan? Ini juga disebut-sebut sebagai bumbu sejenis tauco. Hanya saja aromanya memang gak setajam tauco.

5. Masakan yang sering menggunakan bumbu tauco.

Kalau kamu ke rumah makan, pasti gak ketinggalan ada menu kangkung tauco. Selain kangkung, ternyata tauco juga enak digunakan untuk membuat tempe masak tauco, ayam kuah tauco, udang cah tauco, atau sambal tauco. Ada pula yang menggunakannya sebagai bahan pelengkap wajib untuk soto khas Tegal . Eits, tapi jangan kebanyakan ya karena tauco ini super gurih dan asin.