Bukan hanya jamu dan bumbu masakan, kunyit juga memiliki aneka khasiat herbal berikut ini.


Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak kenal kunyit? Tanaman yang satu ini memang sering sekali dijadikan sebagai bumbu dapur. Beberapa contoh masakan yang menggunakan kunyit diantaranya adalah ikan bumbu bali. Nah selain sebagai bumbu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami serta diolah sebagai minuman atau jamu, yaitu kunyit asam. Tapi ternyata fungsi kunyit tidak cuma sampai di situ aja ya. Kunyit juga bisa nih kita olah menjadi ramuan untuk menghilangkan berbagai penyakit. Wah apa saja ya kira-kira? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menyembuhkan infeksi.

Beberapa dari kita mungkin terbiasa mengonsumsi antibiotik untuk menyembuhkan infeksi. Akan tetapi, sebenarnya kunyit pun bisa loh berperan sebagai antibiotik yang menyembuhkan infeksi. Kita hanya perlu memarut kunyit dan menyaring airnya. Air perasan kunyit itulah yang perlu kita minum agar infeksi pada tubuh kita menghilang.

2. Obat herbal untuk mengobati diare.

Untuk mengobati diare kita memerlukan kunyit dan kapur sirih. Cara membuatanya adalah dengan mencampurkan irisan kunyit dengan satu sendok air kapur sirih. Rebuslah campuran tersebut sambil diaduk hingga merata. Setelah mendidih, tunggu hingga dingin dan saring ampasnya. Kita dapat meminum campuran kunyit dan kapur sirih ini sebanyak tiga kali sehari.

3. Mempercepat penyembuhan luka terbuka di kulit atau borok.

Kunyit ternyata bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu yang memiliki masalah dengan borok. Selain kunyit, kita perlu menyiapkan air kapur sirih dan air perasan jeruk nipis. Setelah kunyit diparut, campurkan air kapur sirih dan air perasan jeruk nipis. Campuran inilah yang akan kita oleskan ke bagian tubuh kita yang borok.

4. Obat cacar air dan gatal-gatal.

Untuk mengobati cacar air ataupun gatal pada kulit, kita memerlukan kunyit dengan daun asam. Campurkan kunyit yang telah ditumbuk atau diblender dengan daun asam yang telah dicuci. Campuran inilah yang kita jadikan obat oles pada kulit yang terkena cacar air ataupun tubuh yang terasa gatal.

5. Obat radang gusi.

Radang gusi dapat diobati dengan menggunakan kunyit dan gambir. Kita cukup menumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Kemudian, kunyit dan gambir yang telah ditumbuk tersebut direbus hingga mendidih. Air rebusan inilah yang kita minum sebanyak 3-4  kali seminggu untuk menghilangkan radang pada gusi.