Dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata asam kandis juga bermanfaat untuk kesehatan kita.


Dibandingkan dengan kuliner dari negara lain, kuliner nusantara memang banyak menggunakan rempah. Nah salah satu rempah yang populer banget di Indonesia adalah asam kandis. Kita bisa menemukan banyak jenis makanan yang menggunakan asam kandis sebagai bumbu dapur, diantaranya adalah rendang, kari, pindang, dan gulai. Selain itu, asam kandis juga sering digunakan sebagai bumbu pada ikan atau udang goreng.

Ternyata, kita beruntung banget loh menggunakan asam kandis sebagai bumbu dapur. Tentunya karena berasal dari tanaman, asam kandis memiliki nutrisi yang menyehatkan. Yuk intip apa saja sih manfaat kesehatan asam kandis bagi tubuh kita?

1. Mencegah infeksi dan radang.

Selain penyakit degeneratif, infeksi dan radang juga merupakan sesuatu yang menakutkan bagi kita karena keduanya bisa bersifat fatal jika tidak cepat ditangani. Tetapi kita bisa lho menggunakan asam kandis untuk mencegahnya atau meredakan gejalanya. Kandungan nutrisi pada asam kandis ternyata juga bisa melawan bakteri penyebab radang dan infeksi.

2. Menjaga imunitas tubuh.

Sebagai salah satu buah asam, pastinya asam kandis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah vitamin C ini berperan sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas agar kita tidak terkena penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu, vitamin C juga baik loh untuk kulit kita.

3. Membantu menurunkan berat badan.

Siapa sih diantara kita yang mau berat badannya naik? Pastinya mimpi buruk banget ya ladies jika timbangan kita bergeser ke kanan. Segala cara pun akan kita lakukan untuk menurunkannya. Nah ternyata salah satu solusi untuk menurunkan berat badan itu dekat banget loh sama kita. Yup, kita tinggal mengonsumsi asam kandis. Oh iya, untuk resep diet yang satu ini, gunakan asam kandis yang belum dikeringkan ya. Kamu bisa menjadikan buah asam kandis sebagai acar atau minuman. Sehingga dalam konsumsi rutinnya akan membuat lemak-lemak di tubuhmu terkikis.

4. Meningkatkan kinerja syaraf dan otot.

Selain vitamin C, asam kandis juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. Vitamin inilah yang baik untuk kinerja syaraf dan otot kita. Tentunya, kita akan tetap aktif dan kuat sepanjang hari.

5. Menjaga kesehatan jantung.

Tekanan darah yang tinggi dan banyaknya kadar kolesterol jahat (LDL) sangatlah berbahaya untuk jantung kita. Nah, asam kandis ini juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat tersebut sehingga jantung kita akan tetap sehat.