Air perasan buah lemon itu ternyata bisa digunakan di berbagai sajian makanan dan minuman loh. Apa saja?


Lemon merupakan salah satu buah yang populer di dunia kesehatan. Kalau kamu merupakan salah satu pengikut tren kesehatan, kamu pasti familiar dengan air lemon yang diminum dengan madu di pagi hari atau populer disebut dengan honey lemon shot. Buah berwarna kuning ini memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat lemon adalah menghindarkan tubuh kita dari pertumbuhan sel kanker.

Nah, ternyata selain bisa kita minum di pagi hari, kita juga bisa loh menggunakan lemon pada makanan dan minuman kita. Kamu pasti tau banget kan banyaknya kandungan vitamin C pada lemon. Nah, kalau mau menambah nilai gizi pada santapan kamu, coba deh untuk nambahin perasan lemon ke dalamnya. Selain menambah nutrisi, dijamin rasanya juga jadi tambah lezat. Wah, boleh juga kan? Tapi apa aja sih contoh makanan dan minuman yang bisa kita campur dengan perasan lemon? Berikut ini contoh-contohnya.

1. Limun.

Siapa sih yang tidak ingin minuman dingin kalau lagi panas-panas? Pastinya kita akan mencari-cari minuman penghilang haus bukan? Nah ternyata minuman pelepas dahaga itu tidak melulu harus manis loh. Minuman yang rasanya asam juga bakalan bikin tenggorokan kita makin segar. Salah satu minuman dingin yang rasanya asam ini adalah limun. Selain menyegarkan, limun juga kaya vitamin C yang berasal dari perasan lemon. Cara buatnya simple banget, kita cuma perlu air perasan lemon, gula, dan air mineral. Setelah gula dan air yang kita didihkan dingin, kita tinggal memberi air perasan lemon.

2. Saus.

Bagi kamu yang suka banget sama saus, kamu boleh banget nih coba buat saus berbahan dasar perasan lemon. Rasa saus lemon yang ringan pastinya akan memanjakan lidah kita. Untuk membuatnya, kita dapat mencampurkan satu sendok makan air perasan lemon, tiga sendok makan minyak zaitun, sedikit garam, merica,  bawang putih cincang, dan sebutir cengkeh. Setelah semua bahan campurkan, diamkan beberapa saat dan angkat bawang putihnya. Rasa gurih dan asam pada saus ini cocok banget dipadukan dengan makanan seperti pasta dan ayam atau ikan goreng filet.

Selain dibuat menjadi saus yang gurih dan asam, lemon juga bisa loh kita jadikan saus pemanis kudapan. Untuk membuatnya, panaskan 4 sendok makan gula pasir pada wajan yang tebal. Setelah gula mencair, campurkan mentega dan air perasan lemon. Aduk semuanya hingga bahan mengental. Kamu bisa menyantap saus lemon ini dengan puding, cake, atau dengan es krim favorit kamu. Dijamin, rasa asam yang dipadukan dengan kudapan manis akan memanjakan lidah kamu.

3. Makanan Laut.

Ternyata selain membuat rasanya menjadi lebih lezat, menambahkan air perasan lemon juga dapat menghilangkan bau amis yang terdapat pada seafood loh. Kamu tidak perlu khawatir pada rasa air perasan lemon yang asam ya. Air perasan lemon ini cocok digunakan untuk olahan seafood yang memiliki rasa manis maupun yang memiliki rasa gurih.