Quinoa sebagai alternatif pengganti karbohidrat atau nasi putihmu, apa kelebihannya?


Quinoa sering disebut-sebut sebagai makanan super yang berasal dari masyarakat Inca, Aztec, dan Maya loh guys. Ternyata sejak 4000 tahun lalu mereka menggolongkan quinoa sebagai ibu dari padi-padian tapi sebuah penelitian menyanggah hal tersebut, bahwa quinoa bukan berasal dari padi-padian, kok bisa? Karena sebenarnya quinoa berasal dari biji-bijian yang menyerupai ketumbar, yang  dihasilkan oleh tanaman Chenopodium dari keluarga bayam dan bit.

Dulu di wilayah Andes, Amerika Selatan. quinoa dijadikan makanan pokok karena mereka menyadari bahwa quinoa mampu menyediakan stamina dan kekuatan untuk prajurit mereka. Menarik bukan?

Quinoa hanya bisa tumbuh pada kondisi lingkungan dengan iklim sedang dan sedikit curah hujan. Oleh sebab itu, quinoa yang ada di Indonesia didatangkan dari luar negeri seperti Kanada. Sayang sekali kan ya. Meski begitu, sekarang quinoa banyak beredar di pasaran lho sehingga tidak perlu bersusah-susah mencarinya.

Quinoa yang sedikit berbeda dengan gandum dan beras ini, cukup populer loh dikonsumsi oleh orang-orang yang sadar akan gaya hidup sehat dan bagi mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Mengapa ya quinoa baik untuk diet? Cus simak penjelasannya di bawah.

1. Protein tanpa kandungan lemak.

Jika bingung dengan makanan sehat tanpa membuat gemuk, kamu bisa menjadikan quinoa sebagai menu dietmu hari ini karena ternyata quinoa kaya akan protein tanpa ada kandungan lemak dan kolesterol didalamnya loh! Selain itu, quinoa juga mengandung sembilan asam amino esensial yang menjadikannya sumber protein yang setara dengan telur, daging, dan ikan. Tak menyangka bukan?

2. Banyak serat.

Terlalu lama sembelit? Yuk coba quinoa untuk mengatasinya. Tahu tidak guys bahwa quinoa mengandung serat dua kali lebih banyak dari biji-bijian lainnya. Nah serat inilah yang dapat mengatasi sembelit yang sedang kamu alami. Selain itu, asupan serat yang tinggi juga bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan mampu mencegah diabetes. Serat ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi loh, makanya cocok sekali memilih quinoa untuk diet. Bukan hanya menyukseskan dietmu, ternyata quinoa juga bermanfaat untuk kesehatan.

3. Mempercepat pertumbuhan jaringan tubuh yang rusak.

Ternyata quinoa mengandung lisin yang utamanya bertanggung jawab untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Jika kamu sering mengkombinasikan diet dengan olahraga rutin seperti jogging, kandungan lisin ini sangat penting untuk perbaikan cedera otot yang mungkin kamu alami. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi rutin quinoa tidak perlu khawatir lagi apabila mengalami cedera otot atau terkilir ya, karena kamu bisa segera pulih seperti sedia kala!

Hebat sekali kan ya manfaatnya. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika kamu masih tidak ingin berpaling dari nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Dengan makan beraneka ragam makanan, kamu akan mendapatkan aneka nutrisi yang tentunya sangat baik untuk kesehatanmu.