Meski Sering Dihindari, Ternyata Pisang Batu Memiliki Manfaat Ini Loh.


Tinggal di Indonesia tentunya membuat kita mengenal berbagai jenis pisang. Nah diantara jenis-jenis pisang tersebut, terdapat jenis pisang yang cukup unik, yakni pisang batu. Kalau kamu tidak tahu pisang batu, jangan ngaku pecinta rujak ya. Pisang yang satu ini memang berbeda dengan pisang-pisang pada umumnya. Sama seperti jambu biji, pisang batu juga memiliki banyak biji di dalamnya. Karena mengeluarkan bunyi kluthuk ketika dimakan, pisang ini juga sering disebut dengan pisang kluthuk.

Karena terdapat banyak biji di dalamnya, banyak diantara kita yang menghindarinya. Biasanya kita akan memilih jenis pisang lain yang lebih mudah dimakan. Padahal pisang batu memiliki khasiat yang tidak kalah banyak loh dengan pisang biasanya. Jika kamu merupakan salah satu orang yang ngeremehin pisang batu karena bentuk fisiknya, coba simak manfaat-manfaatnya berikut ini ya.

1. Pisang batu bisa dijadikan obat diare alami.

Selain dengan mengonsumsi obat, diare juga dapat diatasi dengan cara alami, salah satunya adalah dengan menggunakan pisang batu. Kita cukup menyiapkan tiga buah pisang batu matang dan tiga buah pisang batu yang masih mentah. Setelah mengupas dan dipotong kecil-kecil, pisang batu dilumatkan dan diambil airnya. Minumlah cairan ini sebanyak dua kali sehari. Akan tetapi, jika setelah minum cairan ini kotoran kita mengeluarkan lendir berwarna hijau, kita harus segera menghentikan pemakaiannya ya.

2. Mencegah sakit perut ketika mengonsumsi rujak.

Mungkin beberapa dari kalian bertanya apa tujuan menambahkan pisang batu pada rujak. Ternyata, penambahan pisang batu pada rujak memiliki fungsi yang penting loh, yaitu untuk mencegah sakit perut. Karena rasanya yang asam dan pedas, rujak sangat berpotensi menyebabkan sakit perut. Akan tetapi, berkat adanya kandungan tannin dan saponin pada pisang batu, saluran pencernaan kita akan lebih kuat dan pertumbuhan bakteri pada rujak juga dapat ditekan.

3. Mengatasi ambeien.

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan ambeien, kalian bisa loh menggunakan pisang batu sebagai obat alami. Caranya sederhana kok, kita cuma perlu menyiapkan pisang batu dan daun jambu muda. Campurkan daun jambu muda yang sudah dihaluskan dengan air perasan pisang batu. Dijamin, ambeien akan teratasi kalau kamu mengonsumsi ramuan ini secara rutin.

4. Kamu mengeluarkan darah ketika buang air besar? Cobalah obati dengan pisang batu.

Mengeluarkan darah ketika buang air besar tentunya menjadi masalah yang bisa membuat kita panik. Tetapi, daripada hanya merasa khawatir, lebih baik kita mencoba cara untuk mengatasinya bukan? Salah satu cara alami yang dapat kita coba untuk mengatasi keluarnya darah pada saat buang air besar adalah dengan menggunakan bonggol pisang batu yang diperas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kita meminum air perasan ini sebanyak tiga kali per hari.