Buah jamblang ternyata bisa digunakan untuk meredakan gejala berbagai penyakit.


Mungkin, ada beberapa orang yang nggak tau buah ini. Kayak apa sih bentuk dan rasa dari buah jamblang ini? Buah yang sering disebut buah duwet ini penampakannya hampir sama kayak anggur. Bedanya buah ini memiliki bentuk agak lonjong dengan rasanya yang manis manis sepet gitu deh. Eittss selain manis, buah ini punya banyak manfaat lho! Buah ini ternyata dapat meredakan berbagai gejala penyakit! Wah boleh juga tuh, kapan lagi kita bisa berobat dan menjadi lebih sehat tanpa harus repot? Penasaran? Yuk, simak artikel ini ya!

1. Mengurangi batuk dan gejala asma.

Kamu memiliki mengalami gejala asma? Wah pasti gak enak banget kan, terutama kalau kita habis lari atau berjalan jauh,  pasti langsung kambuh. Buah jamblang ini bisa mengurangi gejala asma atau batuk kamu yang tak kunjung berhenti lho. Caranya? Gampang banget, kamu cuma perlu makan buah jamblang segar yang sudah dicuci dan dibuang bijinya. Atau kamu bisa menggunakan buah jamblang kering yang sudah ditambahkan air dan direbus sampai matang, terus kamu minum deh air sama buahnya. Sedikit demi sedikit, kamu bisa merasakan perubahan terhadap batuk dan gejala asma kamu.

2. Mengurangi gejala diare pada anak.

Kalau ini sih penyakit yang paling sering muncul, terutama buat kamu para mommy yang punya anak kecil. Suka pusing kan, kalau si kecil kena diare karena makanan jajanan yang sembarangan dan gak bersih? Nah buah jamblang ini jawabannya! Kamu cukup siapkan buah jamblang segar dan beras yang sudah disangrai sampai berwarna kuning, tambahkan air, lalu direbus hingga matang. Kalau sudah matang dan dingin, tinggal dimakan deh oleh si buah hati. Lakukan tiga kali sehari, dijamin deh, perut si kecil akan terasa lebih baik.

3. Nyeri lambung.

Ugh kalau nyeri lambung datang, rasanya gak mau ngapa-ngapain, maunya guling-guling aja di kasur karena sakitnya gak tertahankan. Daripada kamu guling-gulingan, mending kamu sangrai deh buah jamblang yang sudah kering tanpa biji. Kalau sudah harum, tambahkan air, kemudian direbus sampai matang. Tunggu sampai dingin, makanlah sampai habis. Setelah itu, nyeri di lambung kamu akan sedikit berkurang.

4. Sariawan.

Siapa sih yang suka sama penyakit satu ini? penyakit yang bikin makan apapun jadi gak nikmat! Yap, sariawan namanya. Buat yang ini sih, beda sama yang lainnya. Untuk menyembuhkan sariawan, kamu membutuhkan kulit kayu atau daun jamblang. Nah kulit kayu atau daun jamblang kamu rebus sampai layu, lalu kamu tunggu sampai dingin. Air rebusan tersebut jangan diminum ya, kamu cuma perlu menggunakan air rebusan daun/ kulit kayu jamblang untuk kumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari supaya sariawan kamu bisa lebih cepat hilang.