Jika kamu adalah seorang pecinta rujak, tentunya kamu sangat familiar dengan jambu air. Yup, buah lokal ini merupakan salah satu elemen terpenting ketika kita membuat rujak. Jambu air yang terasa sedikit manis dan mengandung banyak air membuatnya sangat cocok disandingkan dengan bumbu rujak.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, jambu air mengandung nutrisi seperti zat besi, serat, kalsium, protein, vitamin C, dan vitamin A. Nutrisi-nutrisi pada jambu air inilah yang membuat buah ini dapat meningkatkan kesehatan kita. Tidak hanya terhindar dari ancaman penyakit, jambu air juga mampu loh menjaga kecantikan kulit kita.

Ada berbagai macam jambu air yang dapat kita temui di pasaran. Ada yang berwarna merah, hijau, merah muda, dan sebagainya. Selain itu, ukuran jambu air juga beragam. Apa saja sih jenis jambu air yang populer di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Jambu air citra.

jambu-air-citra

(Image: Bebeja)

Jika dibandingkan dengan jambu air lainnya, jambu air citra memiliki ukuran yang cukup besar dan tidak memiliki biji. Terkadang ketika kita makan jambu air berukuran jumbo, jambu tersebut terasa kurang manis. Tetapi jambu air jenis citra ini akan manis rasanya. Selain itu, jambu air jenis ini juga memiliki kadar air sebanyak 93% loh. Dipastikan kita akan merasa segar ketika mengonsumsinya.

2. Jambu air black diamond.

Jambu black diamond

(Image: Infobuahjambu)

Ketika kita melihat jambu air berwarna merah pekat yang tampak hitam, berarti jambu air tersebut adalah jambu air black diamond. Jambu air ini memiliki rasa yang sangat manis serta tidak memiliki biji. Bobotnya bisa mencapai sekitar 150 gram per buahnya.

3. Jambu air pink rose apple.

Jambu Pink Rose

(Image: Infobuahjambu)

Jambu air jenis ini memiliki warna perpaduan antara merah muda dengan sedikit campuran warna hijau. Jika kita timbang, satu buah jambu air pink rose apple bisa berbobot sekitar 300 gram. Lumayan besar bukan? Sama seperti rasa jambu pada umumnya, jambu air jenis ini terasa manis dan menyegarkan tenggorokan kita. Hal ini dikarenakan tingginya kadar air yang terkandung di dalamnya.

4. Jambu air king rose apple.

jambu-air-king-rose

(Image: Bibittanionline)

Jambu air king rose apple berwarna merah muda. Jambu air jenis ini sedikit lebih besar dari jambu air pink rose apple. Perbedaan bobot keduanya rata-rata adalah sekitar 50 gram. Kita dapat memakan jambu air ini secara langsung karena tidak terdapat biji di dalamnya.

5. Jambu air kaget.

JAMBU KAGET MERAH

(Image: Madang)

Jambu air kaget memiliki perpaduan warna hijau dan merah. Akan tetapi, warna yang mendominasi adalah hijau. Jambu air ini hanya berbobot sekitar 50-75 gram. Jika memakan jambu air ini, kita bisa menemukan biji di dalamnya, tetapi bisa juga tidak. Wah tergantung keberuntungan kamu dong.

Itulah 5 jenis jambu air yang terkenal di Indonesia. Apakah jambu air yang suka kamu makan bersama bumbu rujak, termasuk ke dalam salah satu jenis di atas?