Bukan cuma menyegarkan, air kelapa muda juga multifungsi.


Cuaca tropis di Indonesia tentunya sering membuat kita merasa kehausan di siang hari. Ketika merasa panas dan haus, tentunya kita akan menantikan sesuatu yang menyegarkan. Tetapi banyak diantara kita yang merasa cemas akan bertambah gemuk akibat kandungan gula didalamnya. Nah jika kamu ingin menyegarkan tenggorokan tanpa menambah berat badan, air kelapa muda bisa jadi solusinya.

Selain dapat menghilangkan dahaga, air kelapa muda ternyata memiliki banyak khasiat. Air kelapa muda juga bisa loh diminum semua kalangan, mulai dari anak kecil, orang dewasa, orang tua, bahkan ibu hamil sekalipun. Apa saja sih khasiat air kelapa muda ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

Metabolisme merupakan salah satu proses yang penting untuk tubuh kita. Metabolisme yang baik akan membuat kita lebih berenergi dan membuat berat badan kita terkontrol. Meskipun sebagian orang dikaruniai dengan metabolisme yang tinggi, terdapat juga orang-orang yang metabolismenya rendah. Jika kamu salah satunya, kamu sebaiknya melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh ya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan minum air kelapa muda. Dijamin proses pembakaran kalori dalam tubuhmu akan lebih cepat dan kamu akan lebih merasa fit.

2. Meredakan morning sickness.

Bagi ibu hamil, morning sickness sangatlah menyusahkan. Bayangkan saja, setiap pagi mereka mengalami mual-mual dan muntah. Akan tetapi, kamu yang sedang hamil tidak perlu lagi merasa cemas bila mengalami hal ini kok. Kamu dapat meredakannya dengan minum segelas air kelapa muda setiap hari. Selain itu, air kelapa muda juga bagus untuk menutrisi kehamilan loh karena mengandung elektrolit, kalsium, sodium, dan vitamin C.

3. Menghidrasi tubuh dengan baik.

Air kelapa muda kaya akan kalium, kalsium, magnesium, dan natrium. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat air kelapa muda disebut sebagai minuman elektrolit alami yang dapat menggantikan cairan. Jadi jika kamu mengalami diare atau dehidrasi, jangan lupa untuk minum air kelapa muda ya! Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat atau gula yang lebih sedikit loh dibandingkan dengan minuman isotonik pada umumnya.

4. Menurunkan tekanan darah.

Terdapat kalium di dalam air kelapa muda dapat membantu tubuh kita untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kestabilannya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kalium untuk mengurangi efek dari sodium yang memicu naiknya tekanan darah. Pada tahun 2005, diadakan sebuah penelitian yang meminta partisipannya untuk mengonsumsi air kelapa muda selama 14 hari. Hasilnya tekanan darah partisipan yang minum air kelapa muda mengalami penurunan. Sebaliknya, partisipan yang hanya minum air mineral tidak mengalami perubahan tekanan darah. Wah kebayang kan betapa efektifnya air kelapa muda buat kamu yang darah tinggi?

 

 

4 Manfaat Air Kelapa Muda
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)