Biasanya bengkoang sering dipakai buat masker kecantikan. Kamu pasti sering lihat di toko-toko berbagai macam produk kecantikan berbahan baku bengkoang kan? Eh tapi jangan salah kaprah dulu. Bengkoang juga ternyata bisa dijadikan bahan masakan bahkan camilan enak loh. Umbi yang berasal dari Meksiko ini memiliki daging buah berwarna putih dan teksturnya renyah, mirip-mirip buah pir. Terus cara seperti apa saja sih yang bisa kamu terapkan untuk menikmati bengkoang ini?

1. Dimakan mentah.

Kalau kamu sering beli rujak di abang-abang pinggir jalan, pasti deh kamu juga akan mendapat satu paket campuran buah dan ada bengkoangnya. Segar banget! Apalagi kalau dicocol pakai bumbu rujak atau garam cabe. Rasanya yang kriuk-kriuk dan manis bisa bikin mood seketika membaik.

2. Dipanggang.

Kalau biasanya kamu makan steak pakai kentang, kamu bisa menggantinya dengan bengkoang. Sebelum memanggangnya, potong bengkoang sesuai seleramu. Kemudian oleskan dengan minyak goreng, garam, lada, dan sedikit serbuk bawang putih untuk memberi rasa gurih. Panggang dalam oven selama 15 menit dalam suhu 185 derajat Celcius. Tetap perhatikan selama memanggang yah supaya gak gosong.

3. Digoreng.

Nah kalau tadi memakan steak pakai bengkoang panggang, kamu juga bisa menggoreng bengkoangnya loh layaknya french fries. Cara membuatnya, potong-potong bengkoang sesuai seleramu, lalu campur ke dalam tepung bumbu, telur, dan tepung panir. Goreng bengkoang sampai tepung menjadi crunchy. Hmm super yummy!

4. Ditumis.

Yum, yum, yum! Bengkoang juga bisa dijadikan sayur tumisan loh. Kamu bisa mengombinasikan bengkoang ini dengan wortel atau labu siam. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daging udang agar terasa gurih. Caranya gampang banget. Cukup siapkan bawang putih cincang, merica bubuk, saus tiram, air, garam, dan gula. Tumis bawang putihnya dulu sampai harum, kemudian masukkan udang, wortel, dan bengkoang. Masukkan sisa bumbu dan tumis hingga matang. Enak banget kalau disajikan dengan nasi putih hangat.

5. Dijadikan sup. 

Hmm jangan salah, bengkoang juga nikmat banget kalau diolah jadi sup loh. Cara buatnya juga super mudah. Kamu cukup menyiapkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, merica, pala bubuk, dan jahe. Lalu, siapkan ayam yang sudah dipotong kecil-kecil. Kamu bisa mencampur bengkoang ke dalam masakan ketika ayam dan bumbu tumisan yang direbus sudah hampir matang. Beri taburan bawang goreng dan seledri di atasnya kalau sudah matang. Hmm nikmat banget deh disajikan pas sedang panas-panasnya.

6. Camilan.

Kalau kamu orang Pontianak, pasti tahu deh kalau bengkoang bisa disajikan juga untuk camilan. Yes, namanya chai kwe atau choi pan. Mirip seperti pastel, bedanya choi pan ini dikukus bukan digoreng. Isiannya terdiri dari bengkoang, udang, kucai, dan keladi. Sebelumnya empat bahan ini direbus dulu dengan bawang putih, lada, dan garam yang sudah dihaluskan. Terus diisi ke dalam kulit choi pan dan dikukus. Duh, enak banget!

7. Minuman segar.

Kamu juga bisa banget mengolah bengkoang jadi minuman segar. Rasanya yang manis dengan tambahan es batu dan air dingin pastinya mantap banget diminum saat lagi panas-panasnya. Caranya juga gampang banget. Kamu cukup menyiapkan bengkoang, air, dan madu atau gula. Blender semua bahan hingga jadi halus, beri tambahan es batu. Jus bengkoang ini juga bisa kamu simpan dalam es plastik dan taraaa jadi deh es mambo bengkoang!