Help! Perutku buncit banget!

Sebuah masalah yang sering dijumpai oleh para wanita pada umumnya. Perut buncit sudah menjadi musuh bebuyutan sejak dulu. Terkadang faktor penyebab yang paling utamanya karena kebanyakan makan dan kurang aktivitas fisik. Tetapi diet juga tidak melulu mengenai mengurangi makanan dan tanpa karbohidrat loh! Jangan pesimistis karena begitu melimpah buah-buahan yang disediakan oleh alam dan bisa dijadikan pilihan untuk diet sehatmu. Dari sekian banyak, terdapat belimbing yang rasanya akan membuat wajahmu mengernyit karena sangat asam. Yep, belimbing wuluh!

Jangan heran jika belimbing wuluh berbeda dengan belimbing yang sering dijumpai. Buah ini berbentuk bundar lonjong, biasanya berukuran kecil dan rasa asam menjadi ciri khasnya selama ini. Eits, jangan mundur dulu karena rasa asamnya ini ya! Terdapat tips dalam mengonsumsinya agar dapat diterima dengan baik oleh lidah kita, yaitu dengan menjadikannya sirup manis yang sangat segar apalagi jika dikonsumsi di tengah hari yang panas. Asam dan segar mmmm terbayang kan? Cus cari tahu bagaimana cara membuatnya

Bahan-bahan

  • 800 gr belimbing wuluh (bisa ditambahkan sesuai selera)
  • 250 gr gula pasir

Langkah-langkah

  • Ambil sari buah belimbing wuluh dengan memasukkannya kedalam juicer atau diparut kemudian diperas airnya
  • Taruh sari belimbing wuluh di panci, masukkan gula pasir
  • Masak hingga mendidih
  • Dinginkan
  • Kemas di botol atau wadah tertutup

Cara mengonsumsi

  • Ambil beberapa sendok belimbing wuluh (5 sendok atau lebih), lalu tuangkan air matang sampai tingkat keencerannya sesuai dengan seleramu
  • Sajikan hangat atau dingin dengan es batu

Apakah kalian tahu? Belimbing yang sering disebut dengan belimbing buluh atau belimbing sayur ini punya manfaat lain yang bisa diambil loh terutama dari daunnya. Umumnya kebanyakan orang memakai daun belimbing wuluh untuk obat-obatan tradisional. Apa saja manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan kita? Berikut beberapa contohnya.

1. Penurun Demam

Jika kamu memiliki adik atau buah hati yang sedang mengalami demam, bisa menggunakan daun dari belimbing wuluh ini, memanfaatkan ramuan dari daunnya untuk meredakan demam atau panas tinggi yang sedang menyerang. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk daun belimbing wuluh lalu mengompreskan tumbukannya ke dahi agar demam cepat turun. Mudah kan?

2. Mengobati Batuk

Kesal karena batukmu tak kunjung berhenti? Mungkin kamu harus mencari daun belimbing wuluh untuk meredakannya. Sebenarnya bukan hanya daun saja, namun hampir semua bagian dari pohonnya! Langkah-langkahnya juga cukup mudah untuk kamu tiru yaitu ambil segenggam daun belimbing wuluh, bunga belimbing wuluh, dan dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan dua gelas air dan tambahkan gula secukupnya, kemudian tunggu hingga mendidih dan tersisa airnya setengah. Terakhir, tinggal menyaringnya kemudian segera meminum ramuan tersebut. Semoga batukmu cepat sembuh!

Selain itu, rasa asam dalam belimbing wuluh sebenarnya mengindikasikan jika buah ini kaya akan vitamin C. Kandungan tersebut tak hanya baik untuk diet tapi juga akan meningkatkan metabolisme tubuhmu. Zat asam askorbat atau vitamin C ini juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Jadi, si wuluh untuk diet dan kesehatan, kenapa tidak?