Memang sih gak semua orang suka dengan durian. Alasannya karena baunya yang gak banget atau mungkin memang gak suka dengan tekstur dan rasanya. Namun nyatanya karena aromanya yang khas inilah, durian bisa disebut sebagai “King of Fruit” atau rajanya buah. Kita patut berbangga loh karena Indonesia dikenal sebagai negara asal durian yang punya banyak sekali varietas durian budidaya. Nama-nama durian pun banyak yang disesuaikan dengan daerah asalnya. Trus apa saja sih jenis durian populer di Indonesia yang recommended untuk kamu cobain?

1. Durian Montong

Durian Monthong
(Image: Megabored)

Ini nih rajanya para durian. Durian montong adalah varietas yang memang dikembangkan oleh Thailand, tetapi induknya berasal dari Durian Sukun, yaitu durian asli Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terkenal karena rasanya yang manis banget dan aromanya yang super harum. Berat durian montong bisa mencapai 2-4 kg loh. Bentuknya lonjong memanjang, runcing di ujungnya. Saat ini, durian montong menduduki peringkat teratas sebagai durian termahal di Indonesia!

2. Durian Petruk

Durian Petruk
(Image: Mekarsitrun)

Nah kalau durian ini populer di era jadul alias tahun 80-an. Duren ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Uniknya, durian petruk punya rasa manis sekaligus pahit. Jadi saat makan durian petruk jangan bingung ya kalau rasanya agak kecut di lidah kamu. Durian petruk juga punya biji yang kecil. Tapi aroma durian petruk tidak setajam durian montong. Bentuknya lonjong seperti buah mangga dengan warna kulit hijau kekuningan.

3. Durian Bokor

Durian Bokor
(Image: Gadungan)

Asalnya dari Majalengka, Jawa Berat dan dikenal juga sebagai durian aden. Beratnya bisa mencapai 3-4 kg. Rasanya manis dan aromanya harum. Dagingnya berwarna kuning muda, tebal, dan bertekstur halus. Untuk membedakannya, kamu bisa lihat duri-durinya yang tersusun jarang-jarang.

4. Durian Tembaga

Durian Tembaga
(Image: Goodnewsfromindonesia)

Sama kayak warna tembaga, durian ini punya warna daging yang kuning banget. Bentuk buahnya bulat sempurna, dengan duri-durinya yang lancip dan padat-padat. Selain berwarna kuning, dagingnya memiliki tekstur yang sangat halus, berlemak, sangat harum dan manis. Durian tembaga ini berasal dari Kampar, Kepulauan Riau.

5. Durian Matahari

Durian Matahari
(Image: Isigood)

Kalau kamu melipir ke Cimanggu, Bogor dan sedang musim durian, coba deh durian matahari ini. Warna kulitnya hijau kecokelatan dengan duri yang tajam, jarang, dan agak bengkok. Tekstur daging buahnya kering, berlemak, berserat halus, dan tebal. Rasanya manis dan aromanya harum. Sama kayak namanya, warna daging ini cerah banget secerah matahari.

6. Durian Merah

Durian Merah
(Image: Mykebunbunga)

Eits jangan ketakutan dulu. Warna merah durian ini asli kok dari sananya. Asalnya dari Banyuwangi, Jawa Timur dan menjadi durian andalan di sana. Kulit buahnya berwarna hijau sama seperti durian lainnya, tetapi ukurannya lebih kecil. Daging buahnya lebih tebal dari durian lain, kadar alkoholnya  rendah, rasanya manis legit, dan aromanya menyengat.

7. Durian Pelangi

Durian Pelangi
(Image: Beritaenam)

Sesuai namanya, durian pelangi punya banyak warna. Ada warna merah muda, krem, dan hijau di dekat biji buahnya. Durian ini dibudidayakan di Manokwari, Papua. Durian ini adalah durian ciri khasnya Papua loh. Daging buahnya tebal, bertekstur lembut dan agak lengket di dalam mulut. Rasanya manis dan kadar alkoholnya rendah.

7 Jenis Durian Populer di Indonesia
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)