Kamu tahu nggak sih, ternyata ada banyak macam jeruk yang bisa digunakan di dapur loh. Malah terkadang sampai membuat bingung. Perbedaan ini ada karena tentunya tiap jeruk punya manfaat yang berbeda bagi setiap masakan. Rasa jeruk yang asam memang sangat menyegarkan apalagi jika dicampur menjadi olahan masakan. Selain itu, wangi jeruk juga dipercaya bisa menghilangkan bau amis pada makanan. Untuk itu, coba deh kenalan sama jenis-jenis jeruk apa saja yang bisa kamu gunakan di dapur.

1. Jeruk Nipis

Lime

Kalau jeruk jenis ini pasti sudah sering kamu lihat dong. Jeruk ini berwarna hijau atau hijau kekuningan dengan tekstur kulit yang halus. Bentuknya bulat seperti bola pingpong. Jeruk nipis ini sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau ayam. Rasanya yang asam tentunya akan memberikan sensasi segar. Selain itu, kalau kamu sedang terserang batuk, cukup campur jeruk nipis dengan kecap manis. Taraaa.. Jadi deh obat batuk tradisional. Bulir-bulirnya berwarna putih dan tak jarang airnya juga dijadikan bahan penyegar dalam kuah soto. Yummy!

2. Jeruk Limau

jeruk limau

Jangan tertukar dengan jeruk nipis, ya. Bentuk buahnya lebih kecil, warnanya hijau tua dan bertekstur agak kasar. Jeruk limau atau jeruk limo sering digunakan untuk tambahan bumbu gado-gado atau bumbu sate. Aromanya harum banget. Apalagi kalau kamu ditambahkan dalam campuran sambal, khususnya sambal terasi. Maknyuuus Kalau saat memasak kamu tidak punya daun jeruk, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk limau juga, lho. Eits, tapi jangan kebanyakan karena rasa jeruk limau sangat asam.

3. Jeruk Purut

jeruk purut

Nah kalau yang ini bentuk kulitnya bergelombang dan banyak kerutan. Rasa asamnya mirip-mirip jeruk nipis dan jeruk limau. Kamu juga bisa menggunakan jeruk ini untuk menghilangkan bau amis. Tapi air jeruk purut lebih sedikit dibanding jenis jeruk yang lain. Makanya, biasanya sih orang-orang menggunakan daun dan kulitnya aja sebagai penambah aroma dalam masakan. Eh, jeruk ini juga sering disebut kaffir lime dan dijuluki jeruk landak karena batang-batang pohonnya yang berduri loh.

4. Jeruk Lemon

jeruk lemon tea

Terdapat dua jenis lemon di Indonesia, yaitu lemon lokal dan lemon impor. Untuk lemon lokal, kulitnya hijau kekuningan dengan ukuran sebesar telur ayam kampung. Tapi kalau lemon impor warnanya kuning terang dan ukurannya sebesar telur ayam negeri. Jeruk lemon banyak digunakan bukan hanya untuk bahan masakan tetapi juga bahan kue, baik buah maupun kulitnya. Lemon juga sangat segar untuk dijadikan bahan minuman, seperti infused water yang sedang trendy akhir-akhir ini. Hmm, rasanya pasti segar banget.

5. Jeruk Lemon Cui

Home grown calamondins

Kamu orang Manado atau turunan Tionghoa? Pasti kenal dong dengan jeruk ini. Kalau kamu lihat kulitnya, pasti warnanya hijau kekuningan deh. Jeruk lemon cui ini enak digunakan untuk campuran sambal atau olahan masakan seafood. Kandungan airnya banyak dan rasanya asam menyegarkan. Kebayang kan gimana segarnya masakan seafood plus jeruk lemon cui?