Lagi menikmati kue di sore hari, enaknya sambil minum apa ya? Teh bunga lawang! Dalam dunia kuliner, ternyata bunga tidak hanya indah dipandang tetapi juga bisa diolah menjadi sesuatu yang enak untuk dikonsumsi. Seperti minuman satu ini yaitu teh dari bunga lawang yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi bagi sore hangatmu. Jika biasanya teh terbuat dari daun teh yang sering dijumpai jika kita melewati daerah puncak, maka kali ini teh dari bunga lawang sedikit berbeda meski setiap tahap dalam pembuatannya sama dengan teh pada umumnya. Banyak manfaat yang diberikan dari bunga yang menyerupai bintang ini loh, terutama bagi wanita karena salah satu efeknya yang dikenal yaitu untuk kecantikan. Yuk simak beberapa manfaat tersebut.

1. Meredakan Kram dari Menstruasi

Biasanya para wanita mengalami perut melilit ketika menstruasi, apabila kram ini sudah datang maka kita akan mencari cara untuk meredakannya karena tentu tidak menyenangkan seharian kita terus merasakannya, bukan? Mungkin sekarang kamu bisa mencoba obat tradisional sebagai pilihan. Yap! Seperti dari bunga lawang ini. Caranya cukup mudah loh! Kamu bisa langsung mengoleskan minyak dari bunga lawang tersebut ke sekitar perutmu yang sakit atau mengonsuminya dengan meminum teh bunga lawang bersama campuran dari asam jawa.

2. Baik Bagi Kulit

Ternyata nama bunga lawang berasal dari Tiongkok ba jiao atau bat gok (delapan tanduk), karena bentuknya yang mirip dengan bintang jadi ga aneh kalau namanya seperti itu, bukan guys? Ternyata Bunga Lawang juga cukup berkembang di Indonesia. Apa kalian tahu bahwa sejak dulu teh bunga lawang dimanfaatkan untuk menjaga kulit kita tetap bersinar, mengandung anethol yang dapat membuat kulit tetap sehat dan segar. Selain itu, minyak dari bunga lawang juga berfungsi sebagai detoks atau pengeluaran toksin dalam tubuh. Wow!

3. Meredakan Sakit Perut

Aduh! Sakit perutnya gak bisa berhenti padahal sudah berkali-kali masuk toilet. Coba deh teh bunga lawang untuk meredakan sakit perutmu. Cukup seduh dengan air panas dan biarkan selama 10 menit setelah itu saring agar ampasnya tidak ikut terminum, tambahkan gula jika kamu ingin sedikit rasa manis.

Nah, setelah mengetahui manfaatnya kamu bisa juga mencoba setiap tahap pembuatan teh dari bunga yang termasuk rempah-rempah ini untuk dijadikan minuman hangat ketika bersama keluarga karena caranya sangat mudah. Berikut adalah tahapannya

1. Masukkan bunga lawang secukupnya ke dalam gelas yang sudah disiapkan

2. Tambahkan air panas ke dalam gelas

3. Seduh bunga lawang yang sudah dicampur dengan air panas

4. Tunggu hingga sepuluh menit

5. Saring airnya dari gelas tersebut

6. Tambahkan madu atau gula untuk menambah nikmat teh bunga lawangmu

7. Teh bunga lawang siap untuk kamu nikmati!

Hebat bukan bunga mungil ini? Banyak orang yang masih belum tahu manfaat dari bunga lawang terutama jika dijadikan minuman teh, padahal bunga yang mirip dengan adas manis ini punya kontribusi yang sangat besar baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Selamat mencoba teh bunga lawang di rumah!

 

 

Manfaat Baik Teh dari Seduhan Bunga Lawang (Pekak)
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)