Tempe, salah satu makanan yang tidak pernah absen di pasar, dijadikan sebagai makanan tradisional oleh masyarakat Indonesia. Apalagi kalau sedang makan ayam penyet yang ditemani oleh tahu atau tempe, pasti bikin kamu ingin cepat-cepat melahap habis makanannya, yummy! Makanan yang umumnya dijadikan pengganti daging bagi kaum vegetarian ini ternyata udah menyebar luas ke berbagai penjuru loh! Terbukti oleh para ahli di Jerman, Jepang, dan Amerika, tempe dijadikan sebagai bahan penelitian mereka. Hebaaat!

Anyway mengenai tempe sebenarnya tak melulu terbuat dari kacang kedelai. Seperti tempe dari kacang tolo yang rasanya tak jauh beda dengan tempe dari kacang kedelai. Pemanfaatan kacang tolo yang terbatas ternyata membuatnya tidak sepopuler kacang kedelai di kalangan masyarakat, guys. Padahal jika kepo dengan kreasi makanan yang terbuat dari kacang tolo maupun tempe tolo ini, ada banyak sekali loh rekomendasi yang bisa dicoba di dapur kalian. Apa aja ya beberapa kreasinya? Hayuk kita cari tahu!

1. Lentho Kacang Tolo

Di Boyolali, ada dua jenis lentho yaitu lentho yang kriuk, kering, dan pedas serta lentho yang lunak dan empuk didalamnya. Walaupun begitu keduanya sama-sama digemari. Berbahan dasar singkong, kelapa parut, dan tentu saja kacang tolo, dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, kencur, ketumbar, daun jeruk, garam, dan gula. Dengan mencampurkan semua bahan ini dan membuat bumbunya menjadi halus, kalian bisa langsung membentuknya menjadi bulat atau lonjong sesuai selera. Setelah itu goreng dalam minyak panas. Agar lidah kalian lebih termanjakan, sajikan lentho ini bersama dengan cabe rawit ataupun lontong. Mmm, nikmat sekali!

2. Sayur Tempe Tolo

Ingin makan yang berkuah? Ada sayur tempe tolo nih! Terbuat dari bahan tempe tolo, lombok ijo, cabe rawit, cabe hijau, lengkuas, dan daun salam. Bumbu yang dihaluskan diantaranya yaitu bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Kemudian tambahkan juga garam, gula, penyedap makanan, santan cair, dan minyak goreng.

Meski bahan dan bumbunya cukup banyak tapi langkah-langkahnya mudah sekali, kamu hanya tinggal memotong tempe tolo menjadi bentuk kotak, begitu pun dengan cabe hijau dan cabe rawit. Kemudian masukkan bumbu halus bersama lengkuas dan daun salam ke dalam minyak yang sudah dipanaskan, setelah itu tambahkan tempe dan cabe tadi. Aduk hingga cabe layu, lalu masukkan air hingga mendidih dan bumbu meresap. Terakhir tambahkan penyedap makanan dan santan. Aduk kembali dan pastikan jangan sampai santannya pecah ya. Nah, mudah bukan? Selamat mencoba di dapur bersama keluarga!

Selain dijadikan sebagai bahan makanan, kacang tolo yang asli dari wilayah Himalaya ini sering digunakan untuk diet loh, ladies! Setelah memakan tempe kacang tolo perut jadi merasa kenyang lebih lama. Juga menurut para ahli, kalori kacang tolo ini juga sangat sedikit dibanding kacang lain, jadi gak aneh dong jika makanan mungil ini bisa menjaga asupan kalori kita dan menjadi pilihan lain untuk diet. Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa kacang tolo dan kreasi makanannya bisa menjadi alternatif lain untuk sajian tempe bukan? Apa masih memilih tempe kacang kedelai untuk hari ini?