Sudah cukup menggugah kah artikel kita sebelumnya mengenai jenis-jenis alat masak? Tenang kamu bisa baca kembali kok artikelnya, klik disini.

Oke sekarang kita lanjutkan ya sharing mengenai alat masak anti lengket, yang diartikel sebelumnya masuk kategori alat masak yang “sebaiknya dihindari”. Waduh, sebahaya itukah?

1. Teflon bukan nama wajan masak ya!

Ini nih ciri khas orang Indonesia banget, menyebut suatu barang dengan merek pioneer-nya, misalnya honda untuk kendaraan roda dua, pepsodent untuk pasta gigi, dan rinso untuk deterjen. Sama halnya dengan Teflon, kita biasa menyebut semua wajan penggorengan datar dengan lapisan berwarna hitam di atasnya dengan sebutan Teflon. Namun apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Teflon itu? Teflon adalah suatu paten produsen terhadap bahan pelapis yang digunakan pada berbagai alat industrial dan komersial, memberikan kelebihan anti lengket, mudah dibersihkan, dan tahan lama. Teflon ini baru digunakan sebagai pelapis alat masak semenjak awal tahun 1960-an. Teflon ini memiliki bahan kimia utama polytetrafluoroethylene atau biasa disingkat dengan PTFE.

2. Tidak semua alat masak anti lengket itu menggunakan (pelapis) Teflon

Alat masak anti lengket yang saat ini beredar di pasaran, tidak hanya berpelapis Teflon lho. Ada juga yang menggunakan pelapis keramik yang relatif lebih aman. Juga sekarang produsen telah berlomba-lomba untuk memodifikasi lapisan anti lengket yang digunakannya sehingga tidak menggunakan senyawa PTFE sehingga lebih aman. Biasakan baca label dan petunjuk produk sebelum membeli yah. 

3. Mengapa Teflon bahaya?

Ketika alat masak berpelapis Teflon ini dipanaskan hingga 350ºC, maka lapisannya akan memisah dan menghasilkan gas beracun serta partikel berbahaya. Gas beracun ini akan semakin berbahaya jika ternyata ventilasi dapurmu tidak terlalu baik. Ohya, gas beracun ini juga terkenal mematikan untuk burung loh maka jauhkan hewan peliharaanmu yang satu ini dari dapur ya.

4. Oke jadi 350ºC kan, kalau makanan yang biasa kita masak kira-kira berapa derajat ya?

Rata-rata suhu minimal makanan telah matang untuk daging, unggas, dan seafood berada di rentang 63-74ºC. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa suhu makanan dan suhu alat masak kita tentu berbeda. Suhu pada alat masak kita jelas akan lebih tinggi dibandingkan suhu makanan matang.

5. Jadi gimana? Aman gak nih?

Jika kamu bisa yakin

  • tidak menggunakan alat masak berpelapis Teflon untuk memasak makanan dengan suhu tinggi
  • tidak meninggalkan alat masak Teflon di atas kompor menyala dalam waktu lama
  • tidak terkelupas lapisannya akibat alat pengaduk & alat cuci yang tajam

maka alat masak berpelapis Teflon ini masih lah bisa digunakan.

Namun jika kamu gak ingin mengambil resiko lebih lanjut dan berniat untuk investasi terhadap kesehatan jangka panjang, gak ada salahnya kamu beralih lho menggunakan alat masak yang lebih aman.