Alam dengan keragamannya selalu ngasih hal yang positif untuk kita. Membicarakan tentang alam, apakah kalian sudah akrab dengan buah yang punya kandungan luar biasa, rasanya lezat, dengan tekstur kulit berduri tapi tidak terlalu tajam?

Tepat sekali Zuurzak!

Sebenarnya masyarakat di masing-masing daerahnya menyebut sirsak dengan sebutan unik seperti nangka sebrang, nangka walanda, nangka landa, dan masih banyak lagi. Banyak banget masyarakat yang menghubungkan sirsak dengan bahasa belanda dan variasinya, membuktikan bahwa buah yang punya biji kecil berwarna hitam ini berasal dari Belanda. Mereka menyebut sirsak dengan zuurzak (makna harfiahnya berarti kantung asam) karena rasanya yang asam tetapi sangat segar. Cukup memanjakan mulut kamu di siang hari loh! Yuk cari tahu beberapa manfaat buah sirsak untuk tubuh kita.

1. Pereda Linu Sendi

Tidak menjaga pola hidup sehat, salah satunya akan menyebabkan asam urat. Kadang rasa sendi ngilu akibat asam urat itu datang ketika kita dihadapkan dengan aktivitas padat sementara tubuh diharuskan untuk tampil prima. Mungkin sudah saatnya kamu coba mengonsumsi daun sirsak yang direbus terlebih dahulu sehingga air terinfusi oleh daun sirsak. Daripada tergantung dengan obat-obatan, lebih baik mencoba dulu air rebusan daun sirsak bukan?

2. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga gaya hidup bukan hal yang mudah meski sebenarnya kita berusaha keras untuk melakukannya. Banyaknya makanan cepat saji yang ditawarkan dan jam tidur yang kurang pasti akan membuat anggota tubuhmu berteriak, diantaranya tekanan darah. Salah satu kebiasaan yang bisa membantumu menjalani hidup sehat adalah dengan mengonsumsi buah sirsak yang kaya akan gizi, mineral, dan vitamin.

Thinking out of the box! Yak, ketika orang lain berpikir limbah dari sirsak sebagai sampah tak berguna maka kita harus melihatnya dari sisi yang berbeda. Ternyata limbah dari buah sirsak ini bisa dimanfaatkan dengan baik loh, seperti contohnya untuk dekorasi dapur, hiasan di meja ruang tamu, atau menjadikan ruangan kamarmu tampak semakin cantik. Apa aja sih pemanfaatan limbah sirsak itu? Diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Bunga dari Daun Sirsak

Pernah terbayang daun sirsak yang gugur di halaman bisa menjadi dekorasi unik di meja ruang tamu kita? Daun sirsak yang cukup tua dijemur terlebih dahulu di bawah terik matahari, selanjutnya mencelupkan daun ke zat pewarna yang diinginkan, kemudian rangkai daun sirsak pada sebuah kawat yang sebelumnya sudah dilapisi kertas menjadi sebuah bunga cantik, masukan setiap tangkai ke dalam pot dan tadaa bunga dari daun sirsak bisa kita simpan sebagai penghias ruangan. So simple bukan?

2. Lukisan dari Daun Sirsak

Jika melukis menggunakan cat sudah mainstream maka siapa yang menyangka daun sirsak yang membusuk bisa menjadi bahan dasar sebuah lukisan indah? Daun sirsak sebelumnya direndam menggunakan air kotor agar cepat mengalami pembusukan sehingga akhirnya yang tersisa hanyalah tulang atau rangka dari daun-daun tersebut. Selanjutnya rangka daun diberikan berbagai pewarna kain lalu masing-masingnya bisa ditempel membentuk sebuah pola pada kanvas lukisan.

Dengan begitu sirsak bisa dikatakan sebagai salah satu buah super kaaan yang mana setiap bagiannya mulai dari daun hingga buahnya punya seribu satu manfaat untuk kita. Jadi jangan anggap remeh lagi buah sirsak ini ya!