Bagi kamu yang suka makan buah mangga, ternyata buah mangga juga bisa dijadikan cemilan atau bahkan makanan berat, lho. Dengan memvariasikan cara makan manggamu, dipastikan kamu enggak akan bosan makan mangga yang gitu-gitu aja. Sebelum membahas variasi makanan apa saja, kamu tahu enggak sih kalau ternyata Indonesia menjadi negara ke-6 dari 10 negara produsen mangga terbesar di dunia? Wow! Tidak hanya bagus untuk memberi asupan serat ke tubuh, mangga juga punya banyak kandungan vitamin. Misalnya vitamin A, C, dan E. Yuk, kita lihat makanan apa saja yang bisa diolah dari buah mangga.

1. Salad Buah

Nah, makanan paling praktis dari potongan mangga adalah kamu bisa mencampurnya dengan buah dan sayuran lain. Salad buah tidak jauh beda dengan rujak. Bedanya, salad buah lebih menyehatkan bagi pencernaan karena tidak menggunakan sambal sebagai sausnya. Kamu bisa menambahkan buah pepaya, apel, daun selada, bawang bombay, dan perasan air jeruk lemon. Lalu beri mayonnaise di atasnya. Hmm, yummy!

2. Keripik Mangga

Tidak hanya singkong, mangga juga bisa lho dijadikan keripik. Cara membuatnya memang agak sulit karena dibutuhkan irisan mangga yang tipis dan vacuum frying atau oven agar mangga garing. Tapi kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional terdekat kok.

3. Sambal Mangga Muda

Hmm, bagi kamu yang suka makanan pedas, sambal mangga muda atau sambal pencit bisa jadi pilihan olahan mangga lainnya. Rasa pedas dari cabai dan segar dari mangga muda akan sangat seru di mulut kamu. Caranya mudah banget. Potong korek api buah mangga, campur dengan cabai merah, cabai rawit,  bawang merah, bawang putih, dan garam yang sudah diulek. Cocok banget disajikan dengan ayam atau ikan goreng!

4. Sup Ikan Campur Mangga

Olahan mangga satu ini juga pastinya akan membuat kamu mouthwatering. Kamu bisa menggunakan ikan tenggiri atau ikan tuna untuk membuatnya. Cukup gunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, dan merica. Rebus air dan ikan, lalu masukkan mangga. Kalau mau pedas, kamu bisa tambahkan cabai sesuai selera.

5. Tumis Mangga

Ternyata buah mangga pun nikmat dijadikan masakan tumisan. Untuk bumbunya, gunakan bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan bumbu penyedap. Berikan juga daun jeruk, jahe, dan cabai sesuai selera. Untuk tambahan, kamu bisa menggunakan udang, ayam, pete, atau ikan.

6. Puding Mangga

Caranya mudah sekali. Potong dadu buah mangga, kemudian masukkan ke dalam campuran adonan agar-agar putih yang sudah ada di cetakan. Campur mangga sebelum adonan agar-agar mengeras tentunya, ya. Setelah itu, masukkan agar-agar ke dalam kulkas dan tunggu sekitar 30 menit. Puding mangga yang nikmat pun siap disajikan dingin-dingin. Selamat mencoba di rumah!